17 December 2007

Haji Cilik ala MI Khadijah

Manasik… lagi… namun kali ini di MI Khadijah. Berarti ini yang ke 5 kalinya mengikuti manasik haji.. Kalau di TPQ saya hanya mengurusi santri-santri kecilku.. lain di sini saya menjadi pemandu ke 2 setelah p.fathoni.
Kalau P.Fathoni tahun ini beliau akan berangkat yang ke 7 kalinya ke tanah suci. Belia adalah kepala MI Khadijah, Dosen Agama di Kedokteran Unibraw, juga kepala PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Kab.Malang.

Sayyidina SISWA BERBAKAT

Saya mendapat SMS dari ibunya Sayyidina “Alhamd pak, sayyidina ada diperingkat 6 pemilihan the best top ten. Trmksh bimbingannya” Alhamdulillah saya cukup bangga dan bergembira mendengar kabar itu. Selamat Say… Sayyidina ini ketua kelas V di MI Khadijah. Moga prestasi ini dapat memancing munculnya prestasi-prestasimu yang lain say….Selamat ya…

Rihlah ke Taman Selecta (Batu)

Habis manasik haji… ustad/zah TPQ rihlah ke taman selecta batu… renang…ya…renang… alhamdulillah bisa renang bareng-bareng. Kami naik mobilnya ustad.Alim (Ro’is). Ustad alim sempat sedikit tenggelam tapi… alhmdulilah gak apa2.
Eh… seklebat saya melihat wajah Danang (murid saya di MI), betul.. itu danang dengan adik dan ibunya.. meskipun masih berpakaian renang saya sapa rombongan danang.
Jika renang saya.. ingat masa kecil… rumah saya yang acapkali kebanjiran. Makanya saya lumayan bisa berenang. Namanya anak bolang dari bengawan solo Bojonegoro. He..he..he.. Setelah jalan2 puas.. kami langsung pulang, sebelumnya ta’ziyah ke rumah ustadz.izzah yang beberapa hari lalu neneknya berpulang ke rahmatullah. Kegiatan ini melahirkan kebersamaan yang luarrr biasa…

Haji Cilik ala TPQ AtTaufiq

Putih..putih memenuhi halaman TPQ At-Taufiq Jl.Bandung 7d Malang. Senyum ceria memancar dari wajah anak-anak yang membanjiri halaman. Maklum saja kegiatan ini di ikuti oleh 3 lembaga, yaitu TPQ At-Taufiq, BA Restu 1 dan 2. yang lain kali ini saya mempunyai dua santri yang tak mau pisah dengan saya… dia santri yang saya ajar yaitu ‘Farhan’ dan 'zaky’ farhan yang dulu ada di postingan saya berkenaan dengan ‘menangis gara2 melihat sosiodrama perjalanan isro’ mi’roj’.
Udah 4 kalinya ini saya manasik haji…. Kapan ya… bisa memenuhi paggilan Allah ke tanah suci…

Study Tour Bandara 'n Candi

Setelah survey di Candi Jago, Candi Singosari, Candi Sumberawan, Pemandian kendedes, Candi Badut dan Bandara Abdurrahman Shaleh yang di temani Andira. Akhirnya hari ini di putuskan study tour siswa kelas V ke 2 tempat (1) BANDARA ABDURRAHMAN SHALEH (2) CANDI JAGO. Semalam saya garapkan buku panduan / saku study tour dengan semua di print. Alhamdulillah bisa rampung dengan hasi yang memuaskan.
Setelah persiapan bersama orang tua paguyuban kelas rampung, siswa kelas V didampingi wali kelas (saya sendiri) dan dokumen (P.Gia) bersama ibu dari ajeng dan Abdurrahman berangkat naik bus.

Bismillahitawakkaltu alallah la haula wala quwwata illa billah.
Bismillahilladi syakhoro laha haada wama kunna lahu mukrinina wainna ila robbina lamunkoribun..

SAMPAI DI BANDARA
Kegiatan dimulai 30 menit setelah rombongan kami tiba karena nunggu dari sekolahan lain. Dimulai dari penjelasan asal usul nama bandara hingga macam-macam pesawat yang ada di lokasi. Setelah itu kami diajak menuju bengkel pesawat wah… seneng sekali anak2 mendapat penjelasan jenis pesawat hingga bisa menaikinya meskipun tidak terbang.
SAMPAI DI CANDI JAGO
Jadwalnya shalat dhuhur dulu, tapi karena waktu masih pagi kami langsung menuju candi jago. Ketika masuk lokasi dan melihat rumput hijau kami langsung melepas sepatu ‘n kaos kaki seraya bermain disana. Kemudian dilanjutkan makan bekal bersama-sama. Rencananya ada out bond eh… mendung ‘n datang hujan.. so… kami langsung pulang setelah puas disana. Untung kami sedia payung .. jadi tak masalah meskipun hujan…

Makasih semua ya….

Wisuda my Friend...

Congratulation off the graduate my frend…. Congratulation…. Alif, Ustad Ridwan, Pak Amin, Rofiq, Eni, muhtar…. ‘n semua yang gak mungkin aku sebut semua disini SELAMAT YA…. KAWAN TELAH SUKSES menyelesaikan belajar S1.
Kaulah sarjana muda…. Bangunlah tanah air ini dengan ilmu yang telah engkau timba di kawah condrodimuko Universitas Islam Negeri Malang (UIN). Doakan aku segera menyusul ya.. karena udah hampir 2 semester ini saya belum rampung mengerjakan skripsi…. Tuhan bimbiglah hamba ini…

Tadabur Alam di Pantai Bale Kambang

Usai kuliah pagi ‘n ada kabar kuliah siang kosong. Saya ‘n mas Darto langsung tancap gas pulang tuk ikut acara Ta’aruf IKAMARO UIN Malang (Ikatan Mahasiswa Bojonegoro) di Bale Kambang. Rombongan naik truk, tapi kami naik motor karena rombongan truk pulan jam 13.00 besok sementara kami besok jam 10 udah harus kuliah. So…. Harus naik motor.Ini kali ke Empat Kunjungan saya ke Bale kambang ini. Yang pertama waktu Ta’aruf IKAMARO th.2003, kedua waktu Rekreasi kelas D2 PGMI th.2004, yang ketiga Rekreasi bersama temen2 KOPMA Padang Bulan UIN
Banyak adik2 tingkat yang belum aku kenal, tapi alhamdulillah seneng sekali melihat keaktifan anggota IKAMARO angkatan ini. Moga mereka dapat mengemudikan IKAMARO ini lebih baik lagi…
Moment kali ini ada penyerahan tongkat kepemimpinan IKAMARO dari ketua Miftahul Huda kepada wakinya Hermanto, dikarenakan Mif harus pulang ke Bojonegoro setelah lulus D2 PGMI. Ngomong2 kepemimpinan IKAMARO ini pemimpin ke 4. yang ketiga ada di tanggan Ahmad Ridwan, yang kedua ada di tangganku, dan yang pertama di tanggan Kak.Ichwan.

Saliang memaafkan di hari yg fitri (MI 1428 H.)

Baju baru alhamdulillah….. di pakek di hari raya… tidak baru tidak apa-apa .. masih ada baju yang lama…..
Mauidhoh Hasanah Halal Bihalal MI Khadijah kali ini diisi oleh Ust.Alimuddin,S.Ag (Ro’is TPQ At-Taufiq).

Lintang berkunjung ke Malang

Lintang bukanya ‘Bintang yang di langit lo…’ Lintang Sidiq Purnomo, sepupuku dari lek Cokro Madiun. Lintang ke Malang untuk tugas studynya di AKPER Ponorogo. Tepatnya tugas akhir di RS.Saiful Anwar Malang.

Meskipun hanya sebentar, namun Lintang sempatkan mampir di kos…

Musim Tembakau 2007

Sedang di proses....

LIBURAN HARI RAYA 1428H

Meskipun hari raya ini ada selisih perbedaan jatuhnya, namun umat muslim Indonesia merayakan dengan penuh toleransi. Yang berbeda di hari raya ini ada kunjungan teman kos ke rumah. Ya…. Jay Manurung (Andira) dan Martin, satu hari menginap di rumah. Esoknya saya ajak jalan-jalan ke KotaTuban tepatnya ke Alun-alun – BOM (pantai utara) – Goa Akbar – Goa Ngerong. Saya sampaikan terimakasih banyak kepada Andira & Martin.

Kami akhirnya kembali ke Malang bersama-sama.

06 November 2007

CPNS kampus to kampus


Berikut link pendaftaran CPNS 2007 di kampus kampus.
1. UNIBRAW Malang
2. UM (IKIP) Malang
3. UIN Malang (datang langsung di kampus jl.gajayana)
4. Depag RI Jakarta
Moga bermanfaat. Biasanya di kampus / tempat2 lain juga sedang membuka pedaftaran CPNS.

Pendaftaran CPNS Depag Wil Jatim.

Berikut scan surat penerimaan CPNS Depag wilayah Jawa Timu. Bisa di klik kanan - save.

Biar agak luset.. tapi masih bisa dibaca. Semoga bermanfaat.













09 October 2007

SEPEKAN PON PES TPQ


22 September 2007

Ramadhan 1428 H. ini TPQ mengadakan sepekan pondok ramadhan dengan slogan “Puasa ya iya.. lah…. Gak Puasa kasihan deh lho….” Kegiatan dimulai dari jam 16.00-20.00. dengan aneka kegiatan diantaranya :

  • Buka bareng anak panti
    Baksos ke tetangga TPQ
    Bermain Cerita Menyayi
    Pemutaran film
    Membuat Kartu Lebaran
    Lomba oprak (tradisi membangunkan untuk makan sahur)

Kegiatan puncak dilaksanakan bareng dengan BA Restu 1 & BA Restu 2, acara ini diliput oleh ATV. Wajah ceria tanpa dosa anak2 yang terkadang ada bandelnya sangat menyejukkan hati, mampu meningkatkan semangat terus mengamalkan ilmu pada mereka.




PURNA TUGAS di Jatim Park 2





1 September 2007

Sekian tahun Hj.Iam Mariam (pengawas SD Klojen) & Hj.Moekiyah Amir (Kepalah SDN2 Kauman) mengabdikan diri dalam dunia pendidikan. Hari ini dua ibu bersahaja ini melaksanakan perpisahan purna tugas di Wisata Bahari Lamogan (Jatim Park 2).

Dua bus penuh ikut dalam acara ini… sebagai seksi dokumentasi yang harus mengambil gambar dan meng-shot selalu mencari moment yang perlu untuk di ambil. Ya… lumayan juga belum lagi nanti ngedit vidionya…. Tapi alhamdulillah dapat liburan gratis disini.

Terimakasih Bu Iam…. terimakasih Bu Amir…. Semoga semua yang telah engkau persembahkan demi pendidikan anak bangsa ini mendapat ridhoNya… Amien.



LOMBA 17 AGUSTUS

16 Agustus 2007

“Tujuh belas Agustus tahun empat lima….. itulah hari kemerdekaan kita….”

Diseluruh penjuru Indonesia minggu2 ini penuh dengan atribut merah-putih menyambut HUT RI ke 62. begitu tidak kemerdekaan yang diraih dengan cucuran darah ini memang perlu disyukuri kita sebagai generasi Indonesia…

Begitu juga di MI dihelat berbagai perlombaan sebagai simbol wujud syukur atas kemerdekaan ini. Jenis lomba yang dilaksanakan diantaranya….(1) mencari uang logam dalam pasir (2) makan kacang ala shanghay (3) lari kompak membawa bola (4) puisi (5) tarik tambang (6) membuat replika kemerdekaan.

Wajah lucu dan semangat mereka dapat melupakan seluruh masalah yang dihadapi oleh yang melihatnya. Seru abiss…. Merdeka Indonesiaku….




Isra' Mi'raj

9 Agustus 2007

Perintah shalat didapat rasulullah dalam perjalanan isro’ mi’roj. Banyak orang yang menjadi musyik karena mendengar cerita rasulullah kecuali orang-orang yang beriman kepada tuhan & rasulnya.

Peringatan isro’ mi’roj di TPQ kali ini dengan mengelar main peran, dengan cerita seperti yang dilihat rasulullah dalam perjalanan isro’ mi’roj bersama malaikat Jibril. Nah kali ini saya mendapat peran orang yang mendapat siksa dari ustd.amtsal yang berperan sebagai malaikat Malik….(tuhan jadikan ini hanya dalam peran saja). Cerita yang ditampilkan diantaranya (1) mengangkat beban yang terus bertambah berat (2) mengunting lidah sendiri (2) mendapat pukulan gada dari malaikat Malik.

Eh… ternyata ada santri yang histeris menangis campur takut. (kesalahanya; pemeran tidak disampaikan oleh narrator) jadi anak2 takut… padahal yang memerankan ustadnya sendiri.. dengan drama ini diharap anak2 dapat mendapat gambaran akibatnya tidak melaksanakan perintah dan melakukan yang dilarang oleh Allah.

Moga ini bagian dari Da’wah yang diridhoiNya. Amien.

Ku-gunting Lidahku….

9 Agustus 2007

Perintah shalat didapat rasulullah dalam perjalanan isro’ mi’roj. Banyak orang yang menjadi musyik karena mendengar cerita rasulullah kecuali orang-orang yang beriman kepada tuhan & rasulnya.

Peringatan isro’ mi’roj di TPQ kali ini dengan mengelar main peran, dengan cerita seperti yang dilihat rasulullah dalam perjalanan isro’ mi’roj bersama malaikat Jibril. Nah kali ini saya mendapat peran orang yang mendapat siksa dari ustd.amtsal yang berperan sebagai malaikat Malik….(tuhan jadikan ini hanya dalam peran saja). Cerita yang ditampilkan diantaranya (1) mengangkat beban yang terus bertambah berat (2) mengunting lidah sendiri (2) mendapat pukulan gada dari malaikat Malik.

Eh… ternyata ada santri yang histeris menangis campur takut. (kesalahanya; pemeran tidak disampaikan oleh narrator) jadi anak2 takut… padahal yang memerankan ustadnya sendiri.. dengan drama ini diharap anak2 dapat mendapat gambaran akibatnya tidak melaksanakan perintah dan melakukan yang dilarang oleh Allah.

Moga ini bagian dari Da’wah yang diridhoiNya. Amien.

Wedding dek Nurul

4 Agustus 2007

Met menempuh hidup baru tuk adikQ (sepupu), moga menjadi keluarga sakinan mawaddah warahmah. “Barakallahuma wabaraka alaihuma wajama’a bainakuma fi khoir” Amien.



SUKURAN UMROH OM

23 Juli 2007

M
emang kalau sudah mendapat panggilan dari Tuhan…. apapun jabatan dan pekerjaan seorang hamba akan dapat melalukan haji / umroh. Sst sst.. bukan mengatakan contoh ya..
Alhamdulillah lek wardoyo yang menjadi AD di Singosari mendapatkan umroh gratis dari satuannya. Di singosari 3 orang yang di tunjuk sedangkan se-Indonesia ada 40 orang. Tuhan takdirka hamba menjadi hamba-hamba yang mendapat panggilanMu.. Amien.

BLOG GURU INDONESIA

Tulisan ini sebagai pengkait untuk menjalin komunikasi antara sesama guru di Jawa Timur. Ini saya buat karena tiap kali seacrh blog guru hasilnya selalu nihil, maka saya buat tautan ini. Semoga kita bisa saling share untuk memajukan Indonesia kita tercinta melalui pendidikan.
Blog guru Jawa Timur (Blog guru Surabaya, Blog guru Sidoarjo, Blog guru Gresik, Blog guru, Lamongan, Blog guru Gresik, Blog guru Tuban, Blog guru Bojonegoro, Blog guru Kediri, Blog guru Cepu, Blog guru Nganjuk, Blog guru Blitar, Blog guru Tulungagung, Blog guru Trenggalek, Blog guru Malang, Blog guru Pasuruan, Blog guru Jombang, Blog guru Probolinggo, Blog guru Situbondo, Blog guru Jember, Blog guru Lumajang, Blog guru Bondowoso, Blog guru Lumajang, Blog guru Banyuwangi, Blog guru Madiun, Blog guru Pacitan, Blog guru Ponorogo)

7 7 7 THE WEDDING

7 Juli 2007
Met menempuh hidup baru tuk masQ(sepupu), moga menjadi keluarga sakinan mawaddah warahmah. “Barakallahuma wabaraka alaihuma wajama’a bainakuma fi khoir” Amien.

1/4 Abad Usiaku

3 Juli 2007
Dua puluh lima tahun lalu tepatnya hari Sabtu 3 Juli 1982 telah lahir bayi mungil dari seorang ibu didesa Gedongarum Kanor Bojonegoro, namun bayi tersebut diselimuti lapisan putih….. sang ayah membukanya dengan garam dapur… alhamdulillah bayi laki-laki itu terlahir sempurna…….

B
ayi yang lahir bulan Ramadhan itu kini telah genap berusia 25 tahun…. Dia adalah AKU ya…. aku…. Tuhan… syukron katsir… saya telah ditakdirkan hadir didunia ini hingga kini menjadi hamba yang selalu kepingin mensyiarkan dinMu…


T
uhan maafkan semua khilaf hamba….. bimbinglah hamba terus pada jalanMu…. Berilah keluarga, rizki, keturunan yang terpenuhi barokahMu…. Amien…


A
mpuni dosa kedua orang tua hamba, dosa Kakak adik hamba, keturunan hamba, nenek moyang hamba, guru-guru hamba, teman hamba, orang yang ada disekeliling hamba, orang yang telah hamba sakiti… Amien.


08 October 2007

Warga Bojonegoro di Malang

1 Juli 2007
Kalau di UIN ada IKAMARO (Ikatan Mahasiswa Bojonegoro) yang diketuai oleh Fathul Huda, kalo di ruang Malang Raya ada FKMB (Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro) yang di ketuai oleh Santo dari UNISMA. Nah… kali ini FKMB mengadakan gawe “Temu Akrab Warga Bojonegoro se Malang Raya”. Tempatnya di gedung PPI UNIBRAW. Pada kesempatan ini saya diminta teman-teman untuk ikut mengisi di depan mewaliki/atas nama Mahasiswa, karena pengisi lainnya Dosen-dosen dan wartawan yang berasal dari Bojonegoro. Hadir dalam acara ini dosen-dosen yang sudah sepuh namun tetap antusias & bersemangat mengikuti temu akrab ini. Wah… hal seperti ini yang menjadikan kita rindu sama mereka. Ternyata orang Bojonegoro banyak yang sukses di Malang. Bangkit IKAMARO… bangkit FKMB… bangkit Bojonegoro…. Bangkit Indonesiaku…

RAKER MI

29-30 Juni 2007
U
ntuk memulai tahun ajaran 2007/2008 MI mengadakan Rapat Kerja Tahunan. Untuk dijadikan haluan berjalannya system administrasi selama satu tahun. Kepinginnya keluar dari MI, namun atas pertimbangan beberapa hal Raker di helat di MI saja.

Raker kali ini merupakan raker pertama di MI & saya dipilih sebagai ketua pelaksana, moga dengan dihelatnya raker ini MI Khadijah makin maju dan maju lagi. Pesen dari Bapak Drs.H. Khusnul Fathoni, M.Ag dalam pembukaan kami diharap benar-benar menentukan & menganggarkan yang realitis untuk MI. Capek juga lelah karena 2 hari itu dimulai dari jam 8 hingga jam 4 sore.
Tahun depan moga lebih baik & bisa keluar Madrasah, sekaligus refreshing.


03 July 2007

WISUDA KELAS VI 2007

MI KHADIJAH

Sabtu, 23 Juni 2007.
Hari ini merupakan kegiatan terakhir kelas VI di MI Khadijah. Setelah mereka menimba ilmu di sini selama 6 tahun. Syukur alhamdulillah tahun ini prestasi madrasah makin cemerlang karena :

  1. Peringkat 1-9 se-kec. Klojen (MI Swasta) diraih MI Khadijah.
  1. NEM tertinggi 46.35 (Divi Jaya Nuryanto)
  1. Rata-rata madrasah 39.44
  1. Matematika nilai absolute 1 siswa (Hayuning Permata sari)

Selamat jalan anak-anakku, selamat jalan sahabat-sahabatku….. berat rasanya berpisah dengan engkau, namun jalan masih panjang membentang dihadapmu… raihlah cita-citamu. Gurumu, sahabatmu memberi restu……
Meskipun engkau sudah tidak berada di MI Khadijah, namun tali silaturrahim ini harus makin erat antara kita.
Selamat jalan…
Do’aku menyertaimu….
Sukses selalu untukmu…

1. M. Divi Jaya Nuryanto

46.35

2. A. Salsabila Istiqlal

45.00

3. Feny Fitria Dewi

44.65

4. Hayuning Permatasari

44.40

5. Zulhilmi Surya Malais

44.30

6. Titania Rachma Savitri

43.35

7. Viky Belarina Putri

43.25

8. Muhammad Rizqi Akbar

43.15

9. Sitti Awalia Dewi P.

43.10

10. Husen Bin Muhammad M.

42.85

16 June 2007

Berlibur ke KEBUN TEH

Perpisahan kelas VI selain waktu wisuda nanti, paguyuban mengadakan perpisahan sekaligus refresing ke kebun teh Wonosari Kab. Malang.

Untuk pergi kesana kami menggunakan 10 mobil wali murid. Meskipun pengumuman hasil UPM (Ujian Pengendali Mutu) belum keluar, namun Tim guru yakin semua bisa lulus berdasarkan analisis dari jawaban anak-anak.

Seneng sekali bisa berlibur dengan anak-anak yang sebentar lagi harus meninggalkan MI Khadijah tuk menuntut ilmu di jenjang SLTP.

Acara :

Berkunjung ke pabrik pembuatan teh.

Sholat dhuhur berjamaah.

Renang.

Makan bersama.

Acara ini diakhiri pukul 14.00 meskipun acara ini hanya refreshing namun dalam perjalanan pulang cukup payah juga. Terimakasih tuk semua panitia/paguyuban.

RENUNG: seTITIK Cahaya dalam Gelap

Sabtu, 16 June 2007 00.15 PM

Pukul 00.00 kurebahkan badan ‘n pejamkan mata yang telah memerah. Kelopak mata dah tertutup ‘n yang terdengar hanya detakan 2 jarum jam dalam kamarku. Pikiran ini terusik dengan sebuah stagtemen yang diputuskan dalam rapat tadi pagi. Kubangun dan menghidupkan laptop dan menulis sesuatu yang mengganjal di hati ini…. Ada yang ganjil… ya.. ada yang gajil… Tuhan kusebut namaMu, kuminta bimbingan dengan hal yang ada dihadapku… kita tidak ingin membuat keputusan yang salah hanya karena kurang jernih dalam berfikir kedepan…. berfikir dari satu sudut pandang, bukan dari berbagai sudut….

Aku tulis ini sebagai buah luapan hati dari setitik ‘cahaya’ yang telah menggugah dan mengusik pikiranku… Mari kita berfikir jernih… mari kita memandang dari beberapa sudut kacamata (KM)<>

Jikalau kita sebagai pendidik, kita akan berfikir………………………………

Jikalau kita sebagai orang tua, kita akan berfikir………………………………

Jikalau kita tempatkan diri kita sebagai siswa, kita akan berfikir……………

Jikalau kita memandang sebagai masyarkat, kita akan berfikir ……………..

Jikalau kemudian hari seorang anak yang kita pikir itu pas-pasan ternyata sukses dan berhasil, apa yang terbenak dihati kita ……………………….

Sebelum jauh membaca ini… Saya berharap kita bisa mengenyampingkan dulu kata-kata “Keputusan sudah di dook!, kenapa tidak sebelumnya!”. Lalu saya balik bertanya “Seandainya jika bertahun-tahun kita telah memakai produk yang kita anggap itu asli, ternyata dikemudian hari kita tau kalau produk itu palsu, apakah kita akan tetap memakai produk tersebut?” tentu tidak bukan. Lalu kalau ternyata (“ternyata”) keputusan yang kita buat kemudian kita kaji lagi dan mendapatkan kesimpulan yang berbeda, apakah kita akan gunakan keputusan yang awal, tentu tidak bukan.

Saya tidak tau tulisan ini saya tulis untuk siapa… tapi tangan ini terus ingin menulis apa yang ada di hati ini.

Tentu tadi padi kita ingat kata-kata bapak “kita tidak hanya dititipi children not problem only, but children problem juga”. Saya tidak tau mau nulis apa lagi… atau pantaskah ini saya tulis. (tentu saudaraku tau kebimbangan saya dari coretan ini). Saya lanjut… langsung aja.. misalkan ada seorang anak tidak lolos kemudian ternyata setelah beberapa saat kita sadari ada yang lebih dibawah anak itu tetapi ia lolos, apakah hati ini tenang??? Tuhan… bimbinglah kami ini. Tuntunlah kami dalam mengambil keputusan.

Coretan terakhir; kebimbangan penulis ini bisa juga salah, disebabkan kacamata yang dipakai salah, hanya penulis belum menyadari. Oleh Karena itu penulis meminta nasihat dari sadaraku semua.

Wallahu a’lam..

Beli Laptop Toex MI KHADIJAH

Tuk beli barang elektronik memang kita harus survey toko sana-sini, karena kita bisa mendapatkan harga yang memiliki selisih hingga 300.000, lumayan kan? Mendingan kita jalan-jalan 3 hari dapat harga yang paling murah dipasarkan sekaligus dapat mengetahui peta harga di tiap-tiap toko.

Setelah jalan-jalan 2 hari, pada hari ke-3 saya & P.Gia (Guru MI KH) menentukan tuk beli laptop dengan spesifikasi :

LAPTOP

THOSIBA SAT A 150 – T2080|
Prosessor Core Dua 1.73|
DDR 2 512 M.
HDD 80 GB
DVD-RW
Sistem Operasi Windows Vista
Freewall : Office 2007
CSV-15.4
LAN. MODEM,
Wifi
Harga : Rp. 7.250.000,-

PRINTER
Canon Pixma MP.160 ALL IN ONE
Printer, Copy & Scan.
Harga : Rp. 875.000,-
Kami beli Laptop & Printer ini ditempat yang sama waktu saya beli laptop Axioo VL856. sebulan lalu.

03 June 2007

BACK TO MALANG

Meskipun besok hari Minggu saya harus kembali ke Malang, karena besok ada kuliah sebenarnya Sabtu juga ada kuliah tapi karena masih kangen ma keluarga saya tidak masuk. Kami berangkat dari rumah pukul 14.30 sesampai di ngantang kami mampir beli durian. Sampai di kost pukul 19.30. Alhamdulillah sampai di Malang lagi…

PANEN RAYA & MENGAIS PADI

Pulang kali ini bertepatan juga dengan musim panen padi, ya… bapakku kan petani juga, jadi kali ini bapak panen. Saya dapat tugas mengirim makanan, seneng juga main di sawah. Jadi teringat masa 2 tahun sehabis SMA/MA dulu karena tidak langsung kuliah saya kesawah untuk mengompres hama, memupuk padi, ndaut (mencabut bibit padi), menjemur padi, wah….. capek betul kerja jadi petani. (kok malah jadi cerita tempoe doeloe). Alhamdulillah Allah sayang padaku sehingga diberi pekerjaan guru (siapa bilang guru enak! Itu amanat bagimu).

Setiap ada orang yang ‘ngedos’ (memisahkan padi dari batangnya) pasti ada orang yang mengelilinya untuk mencari sisa-sisa padi yang masih menempel (sebut: harak-harak/ngasak) masyaAllah… mereka rela memanas dibawah terik matahari untuk mengais sisa-sisa padi, padahal hasilnya sedikit sekali… ini udah membudaya didesaku, bukan karena mereka tidak mau cari kerja lain tapi ya… itulah kerja yang ada. Kita harus amat bersyukur melihat ini semua.



LIBURAN KE KOTA BONANG

Pulang kali ini sebenarnya ada beberapa tujuan : Silaturrahim keluarga, acara akikah keponakan, memperpanjang pajak STNK. Maka Hari Kamis-nya saya berankat ke Tuban untuk mengurus STNK karena menunggu KTP (lek mat) yang dibawa orang maka kami berangkat pukul 11.30 sepanjang perjalanan kami diguyur hujan. Alhamdulillah sesampai di SAMSAT kantor masih buka dan 10 menit sudah beres, kami kagum dengan pelayanannya. Kalau saya nilai SAMSAT Tuban ini patut mendapat penghargaan atas pelayanannya.

Kemudian kami beli bakso di samping jalan PANTURA wah…. Hujan makin lebat dengan angin kencang… saya teringat tsunami aceh. Lalu kami menuju alun-alun dan Shalat Dhuhur di Masjid Agung kota Tuban. Setelah hujan agak reda kami pulang dengan membeli oleh-oleh khas Tuban ‘ENTAL”. Malam Jum’at ini kami nginap di rumah Lek Mat. Disana kami makan menu special (sayur besusul/ semacam keong emas) wuih rasanya Mak Nyoss… karena lama sekali tidak makan menu ini.


Akekah keponakanku

Hari Rabu lalu saya mudik ke kampung halaman ma Alif, berangkat pukul 16.15 kami magrib di kediri. Sesampai di Jombang mampir beli nasi bebek… Sebenarnya Alif baru kali ini makan ikan bebek, eh.. ternyata tidak doyan, so.. dia pesen lagi ikan lele, dan saya jadi makan nasi bebek 2 porsi wah…. Kenyang sekali. Kami lewat Babat dan sampai dirumah pukul 21.15.

Di rumah rame sekali dengan tamu dan ada pergelaran seni hadrah “SAHARA karena ada acara ‘akekah keponakan dari adikku’. Meskipun lelah setelah perjalanan ± 5 jam kami tidur agak malam melepas kerinduan.

Oh ya… keponakanku diberi nama “MUHAMMAD ABDUL GHANI AL-GHIFARI”

Keponakanku ke 3 Lahir

Rabu 23 Mei 2007 pukul 16.15 dapat telepon dari Ibu bahwa adik sekarang di rumah sakit, karena sudah terasa akan melahirkan. Ibu meminta saya untuk ikut mendoakan agar proses kelahiran lancar.

Malam pukul 22.30 dapat telepon dari dek Edy (adik ipar) bahwa adik dah melahirkan putra laki-laki pukul 22.15 tadi. Alhamdulillah….. Saya punya keponakan lagi, jadi saya punya 3 keponakan laki-laki semua. Dari Mbak 2 (Aal & Rodli) dan dari adik 1.

Proses kelahiran keponakan yang ketiga ini berlangsung di Rumah Sakit Muhammadiyah Sumberrejo dengan normal dengan berat 3 kg Panjang 49 cm.



20 May 2007

Da'i Kecil jalan-jalan di Matos

Habis sholat dhuhur ku langsung ke Matos tuk coba wifi dg laptop ini. Sesampai di speedy cafe langsung aja ku duduk di meja yang ditempati seorang bapak sedang mengoperasikan laptopnya. Senyum kecil ku lontarkan ke bapak itu, bapak tadi membalas dengan senyum pula. Karena belum pernah menggunakan wifi maka ku minta bantuan operator. Alhamdulillah dapat conek dengan cepat walau sering putus-putus.
S
elang 5 menit datang seorang anak laki (yang ku kenal) dan anak perempuan mendekati bapak itu dan duduk dikursi sebelahnya. Langsung saja saya sapa "Assalamu'alaikum..." (berjabat tangan) , "Walaikumussalam P.Dwi" jawab anak itu. Lalu kusapa bapak yang duduk didepanku "Ayahnya Faiz?", bapak itu menjawab "ya... betul", kemudian Faiz mengenalkan aku pada ayahnya "ini guru PPL di MIN yah".
Sebenarnya ku sering juga menelepon faiz dirumahnya, saya pernah mengajarnya ketika ia kelas V di MIN Malang 1 sekarang ia kelas VIII di MTsN1. Faiz sering ikut berbagai ajang perlombaan da'i kecil dan acapkali ia mendapatkan juara. Wah Terimakasih ya Allah engkau telah mempertemukan saya dengan sahabat kecilku....

Perjusa Kali Ini Masuk MuKi

Liburan ini anak2 kelas 4 & 5 mengadakan Perjusa (Perkemahan Jum'at Sabtu) tempatnya di Bedengan Dau Kab.Malang. Perkemahan ini masuk rekor MuKi (Musium MI Khadijah) karena perkemahan yang ke 5 sejak diadakannya perkemahan ini termasuk tempat yang paling jauh, di tengah hutan, tidak ada listrik, mandinya di sungai yang airya CO'L ABIS.
Waktu : Jum'at - Sabtu / 18-19 Mei 2007
Tempat : Bedengan Dau Kab. Malang
S etelah upacara pembukaan oleh kepala madrasah (Drs.Khusnul Fathoni, M.Ag) tepat pukul 08.00 kami berangkat dari sekolahan (meskipun tekhnisnya sempat kacau sedikit). dengan naik 9 mobil. (barang2 sudah diberangkatkan kemarin). sampai sana kami langsung bakti sosial pada penduduk desa dengan memberikan bingkisan yang dikumpulkan dari para guru dan anak kelas 3. Lalu dilanjutkan menuju bumi berkemahan, karena mobil tidak bisa masuk (kecuali yg pakek sepeda) maka kami berjalan kaki sekitar 300meter.
Kali ini saya mendapat tuga mendampingi kelompok 'Rajawali' yang anggotanya terdiri dari (Sayidina, Abror, Rozak, Iqbal, Yudha, Rahman, Hamas, dan ). mereka masih kelas 4, jadi bimbingan sangat perlu bagi mereka, apalagi selama perkemahan mereka harus masak sendiri kalau mau makan, tidak seperti perkemahan2 terdahulu.
Meskipun dihutan kami tetap melaksanakan sholat jum'at (setelah konsul ke sana-sini beberapa padangan ulama diperbolehkan). Sebenarnya yang ditunjuk sebagai PJ sholat adalah Pak Ali, eh... waktu sholat mau dimulai P.Dia mengumumkan yang menjadi imam sekaligus khatib adalah aku. Langsung aja aku kaget karena tidak diberitahu terlebih dahulu... langsung aja ku menuju ke P.Dian + P.Ali (setelah cuap2) mereka tetap menunjukku... alhamdulillah saya bawa materi.
Sabtu jam 14.00 kami pulang dari sana, dan sampai sekolah orang tua sudah menunggu putra-putri mereka. Moga kegiatan ini membawa manfaat yang besar bagi kami semua.

Alhamdulillah akhirnya beli LAPTOP juga...

Setelah banting tulang (tulangnya siapa ya...) dan mengumpulkan uang. Sejak 3 bulan yang lalu saya tanya sana-sini, survei sana-survei sini, setiap pameran komputer saya kunjungi, setiap iklan di koran saya telepon. Hingga akhirnya menemukan laptop dengan harga yang cocok dengan kantong ini. maka hari Senin lalu tanggal 14 Mei 2007 kuputuskan untuk beli laptop dengan harga 5juta sekian-sekian.....
  • Merek Axioo VL 856P
  • Intel Pentium-M 1.8 GHZ
  • DDR 512 MB Visipro
  • HDD 60 GB Seagate
  • DVD + CDRW Combo
  • 14,1" Widi XGA TFT
  • 3 USB Ports,
  • Wifi
  • Card Reader, Lan, Modem
  • Built in Web Camera
  • Mouse A4tech Glaser X6-6AK
Axioo VL 856P ini dirakit di Indonesia jadi harganya juga terbilang miring jika dibandingkan dengan merek lainnya seperti Toshiba atau Acer. Ini namanya cinta produk rakitan negeri sendiri (he.he.he.)
Moga ini dapat menjadikannku semangat dalam belajar dan berjuang dalam syiar di muka bumi ini. Amin.

07 May 2007

SISWA SD/MI HARI INI UPM

Perjuangan keras ribuan siswa kelas enam sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) selama enam tahun, bakal ditentukan seminggu ini (sampai Sabtu, 12/5). Ya, mereka hari ini mengikuti Uji Pengendali Mutu (UPM) mulai pagi ini. Berurutan para siswa itu bakal mengerjakan delapan mata pelajaran (mapel), yakni Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, PKn, IPA, Bahasa Daerah, IPS dan Bahasa Inggris.
Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Siti Masruroh mengatakan, bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) ada tambahan empat mapel lagi yakni Fiqih, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam serta Al-Quran Hadist.
Siti Masruroh menambahkan, UPM tahun ini diikuti oleh 12.961 siwa SD maupun MI di Kota Malang, yang dihelat di lima wilayah kecamatan. Rinciannya, di kecamatan Klojen 39 SD dan 5 MI, di kecamatan Blimbing 54 SD dan 5 MI, di kecamatan Kedungkandang 50 SD dan 20 MI, di kecamatan Lowokwaru 51 SD dan 5 MI dan di kecamatan Sukun 54 SD dan 14 MI. “Sementara jadwal UPM susulan bakal dilaksanakan pada 14 hingga 21 Mei 2007 nanti” jelasnya.
Untuk format UPM tahun ini masih sama dengan UPM sebelumnya, baik jumlah soal maupun model pengawasan silang antar wilyah di setiap kecamatan. Bedanya, parameter kelulusan, tahun ini menigkat menjadi 4,25 di setiap mapel.
Untuk naskah soal yang sudah disimpan di masing-masing Polsdek dan pendistribusiannya dilakukan dari masing-masing Polsek ke seluruh SD dan MI. Selanjutnya, proses pengambilan naskah menuju sekolah dan selama pelaksanaan UPM tetap mendapat pengawasan ekstra aparat kepolisian.


Sumber : klik disini

06 May 2007

Do'aku menyertaimu........


besok Senin 7 Mei 2007 ini waktu yang membuat hati ini berdebar-debar... sebagai pendamping mereka belajar selama dua tahun. ya.. sebagai seorang guru siapa yang tidak berdebar-debar dikala anak-anaknya sedang bertarung dengan deretan 50 pasukan (soal-soal) tiap kompi(UPM Ujian Pengendali Mutu). Anakku.... sejak dua tahun lalu saya mendampingimu belajar... saat ini engkau harus berjuang dengan bekal yang telah kita asah bersama....
Anak-anakku.... yang bisa kulakukan untuk kalian saat ini adalah bersimpuh padaNya.. meminta kemurahanNya... berkahNya... hidayahNya untuk kalian.... Keberhasilan kalian adalah keberhasilanku, kegagalan kalian adalah kegagalanku...
Anak-anakku... apapun nanti hasil yang diberikan oleh Allah untukmu... moga Allah memberi kita kelapangan hati bahwa memang itu yang terbaik bagimu / bagiku....
Tuhan... dengan segenap amal kebaikan anak-anakku... kami memohon kepadaMu berilah yang terbaik menurutMu dan menurut kami.

05 May 2007

P a N u T a N
Hari ini kubaca puisi yang ditemukan dalam sebuah pemakaman tua. (Dari KPI Edisi April 2007.)

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal
Aku bermimpi ingin mengubah dunia
Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku
Kudapati bahwa………
Duni tak kunjung berubah
Maka cita-cita itupun aku persempit
Lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku
Namun nampaknya….
Hasrat itu pun tidak ada hasilnya
Ketika usiaku semakin senja
Dengan semangatku yang masih tersisa
Kuputuskan untuk mengubah keluargaku
Tapi celakanya…
Merekapun tidak mau berubah
Dan kini..
Sementara aku terbaring saat ajal menjelang
Tiba-tiba kusadari…
“Andai yang pertama-tama kuubah adalah diriku
Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan
Mungkin aku bisa mengubah keluargaku…
Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka
Bisa jadi aku pun mampu memperbaiki negeriku
Kemudian siapa tahu
Akupun bahkan bisa mengubah dunia”
(
wangi, 2004)

TEMAN ITU ADA 3 MACAM

  1. Seperti makanan, sesuatu yang selalu dibutuhkan tidak boleh tidak.
  2. Seperti obat, dibutuhkan saat sakit saja.
  3. Seperti penyakit, sama sekali tidak dibutuhkan.
    (Da’i kecil; 158)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah dalam Syarah Hilyah Thaalibil ‘Ilmi menjelaskan tiga macam teman :

  1. Teman berasaskan manfaat
    Yaitu orang yang berteman denganmu untuk mendapatkan manfaat darimu berupa harta, kedudukan atau lainnya. Jika tidak ada manfaat yang didapat darimu, jadilah ia musuhmu. Dia tidak mengenalmu dan kamu tidak mengenalnya. Betapa banyaknya mereka ini, jika mereka diberi sedekah mereka senang, tapi jika tidak diberi mereka marah. Ada seorang temanmu yang sangat akrab, kamu sangat menghormatinya dan dia pun sangat menghomatimu. Suatu hari ia berkata kepadamu ‘Bawa kesini bukumu untuk say abaca!’ Kamu menjawab, ‘Demi Allah saya perlu buku itu besok.’ Maka ia cemberut dan memusuhimu, pakah ini dikatakan teman? Ini teman manfaat.
  2. Teman kenikmatan
    Ia berteman hany untuk bersenang-senang dalam bermajelis dan begadang. Tetapi ia tidak memberimu manfaat dan kamu tidak memberi manfaat kepadanya, yang ada hnay membuang waktu. Tipe ini juga harus diwaspadai, karena dia akan menyia-nyiakan waktumu.
  3. Teman keutamaan.
    Teman yang membawamu kepada kebaikan dan melarangmu kepada keburukan. Membuka pintu-pintu kebaikan dan menuntunmu kepadanya. Jika mau tergelincir, dia akan melarang tanpa mempermalukamu. Ini beru teman keutamaan.
    (Da’i kecil; 154)

03 May 2007

Malang Tempo Doeloe

Sekarang di sepanjang jalan Ijen waktu mundur 45 tahun... Karna malam tadi Malang tempo doeloe telah dibuka. Bagi siape yang kepingin mlaku-mlaku suasane tempo doeloe, yo.. disini tempate... bener gak?? jangan lope ye.... tanggal 3-6 Mei 2007 ini. rugi gak dolan...

02 May 2007

IESQ & Do'a bersama menjelang UPM

Berbagai upaya dilakukan guru, orang tua, dan siswa dalam menghadapi UPM (Ujian Pengendai Mutu) kelas Vi. Mulai dari usaha dhohir maupun batin.
Usaha dhohir diantaranya belajar secara intensif dengan tambahan jam les (di sekolah, di rumah maupun di LBB), wo.. begitu banyak waktu yang terfokus kesana...
Usaha batin dengan do'a bersama 3 element (siswa, orang tua, dan guru) dilaksanakan di Masjid. Sedangkan minggu sebelumnya saya mengisi pelatihan IESQ untuk anak2... ini sebagian materi yang saya dapat ketika mengikuti pelatihan IESQ yang diadakan oleh MAN3 th.2005 di Universitas Brawijaya yang ngisi adalah mas Amri. Sebenarnya saya menularkan ilmu IESQ ini yang ketiga kalinya (pertama di MTsN Jabung Blitar th.2006, kedua di MTsN Tambak Beras Jombang th.2007, dan yang ketiga sekarang ini di MI KHADIJAH Malang) karena merasa bersalah tanpa memohon izin pada guru (mas Amri) maka dengan iktikad baik Q SMS beliau :

Saya : Yth.Bpk Masrukhul Amri. syukur alhmdllh bekal pelatihan IESQ 2th lalu selalu menggiringQ dlm kebaikan. Sy merasa sgt bersalah bila tdk segera minta maaf... krn telah 2x sedikti byk mengambil materi bpk utk sy gnakan motivasi anak2. & krn bsk jg mau mengadakan pelatihan maka sy minta izin bpk.
Mas Amri : Maaf kalu Bapak ikut pelatihan yang dimana?
Saya : Pelatihan yg diselenggarakan MAN3 Malang pd th.2005 di Univ.Brawijaya. Perkenalkan sy M.Dwi Cahyono usia 25 th. mengajar di MI/SD, domisili di Malang Jatim.
Besuk pagi mau memberi motivasi pd anak didik kami kls.6 MI. sebagi persiapan mental menghadapi Ujian Akhir(UPM).
Mas Amri : Saya sering ke Malang, Bapak punya teman yang suka sepedahan Gunung, saya pingin jalan-jalan bersepeda ke Malang dan Batu.
Saya : Kebetulan Allah belum mempertemukan sy dg teman yg suka brsepeda gunung.


Semog Allah memberi yang terbaik untuk siswa-siswi kami.... Amien...

28 April 2007

Melacak sinyal HP. Gratisss!!!


Oleh-oleh dari keluargadhani-leces (http://keluargadhany.blogspot.com/)
Maaf hanya mainan bukan beneran.
Ini ada teknologi satelite yang canggih yang bisa mendeteksi dimana keberadaan orang yang sudah kita ketahui nomer Hpnya. Mau tau posisi temen/adik/kakak/pacar/suami/istri/kekasih anda dimana ?

Silahkan klik disiniMohon maaf kalau yang sudah pernah mencoba. Buruan, mumpung gratis limited time

LAPTOP SI UNYIL TRANS7


(sumber dari tante-nya labiq) www.creative-bee.blogspot.com

Alhamdullillah, setelah sukses menggelar pameran lukisan tunggal yang bertemakan WORLD OF LABIQ pada tanggal 3-10 Maret 2007 bulan lalu, tiga hari kemudian keponakanku yang nga’ betah diam (cerewet ngomongnya ‘n easy moving) ini diundang Metro TV bersama 6 ANAK INDONESIA berbakat lainnya (NILAMreporter, MEILIANAsempoa, RAFIdrummer, PRILIA,SYIFAdan IRIENpemenang lomba membuat film dokumenter) dalam acara KICK ANDY bertajuk SETITIK CAHAYA DILORONG GELAP yang disiarkan pada 29 Maret dan 1 April 2007.
Omong punya omong, usut punya usut, check ‘n recheck bersambung ke crew TRANS 7… Selasa, 17 April 2007 kemarin lusa crew LAPTOP SI UNYIL bertandang kerumah tu’ meliput kegiatan LABIQ di sekolah dan proses berkarya. Nah…ntar hasil liputan ini akan disiarkan hari SENIN, 23 April 2007 ngak boleh ketinggalan, simak dan tonton acaranya pukul. 13.00 WIB
So…DON’T MISS IT…Eit…Labiq juga gak pernah ketinggalan membacakan puisi dalam setiap penampilannya, kalo di acara Kick Andy kemarin membacakan puisi LAUT karya S.Yoga, nah…….ntar khusus liputan LAPTOP SI UNYIL dia mau membacakan puisi apa yaa…

18 April 2007

Angga Ujian SMA Taruna

Sabtu dan Minggu lalu mbak dan keponakan menginap di kost... karena Angga mengikuti tes SMA TARUNA tempatnya di SMA Shalahuddin.
Ketika mengantar Angga, wow.. begitu kagumnya saya dengan semangat anak-anak dan orang tua mereka untuk masuk dalam SMA TARUNA ini... memang se-indonesia cma' ada satu tempat yaitu di Magelang. Padahal yang daftar anak-anak se-indonesia...

Meskipun tidak ikut ujian.. Q ikut deg-deg-gan.... Bila ini memang jalan terbaik untuk Angga moga Engkau beri jalan termudah bagi kami.... apapun hasilnya nanti berikan keihklasan pada kami...

14 April 2007

IPDN ipede-end AKHIRNYA "And"

Pendidikan tidak perlu kekerasan........................... Stop. stop.stop.stop kekerasan dalam pendidikan.
NO. COMENT

Kesalahan Mendasar dalam Keluarga

Artikel ini saya peroleh pertama kali dari group WA Kes - Nas Malang 2 dari anggota bernama dr wachidah. Artikel yang sangat bagus untuk ki...