22 December 2008

Support -2 Pekan UAS

Malang, Desember 2008
Dua pekan menjelang UAS, semangat dari semua guru menghujani peserta didik. Semua guru mengharap siswa didiknya mendapat hasil yang memuaskan. STttt.... tapi dalam memberi motivasi perlu hati2, coz bisa jadi BOMERANG buat anak didik kita nerfes yang mengakibatkan anjloknya prestasi belajar.
Nah... disinilah perlunya seni dalam memberi motivasi belajar ke siswa. Bahasa sahabat, komunikatif, tidak menggurui, tidak mendekte, namun mengenai sasaran. Bisa dengan bahasa verbal ato bahasa tulis. So... met memotivasi siswa didiknya.

Lo.. shoutbox oggix kok ilang

Kawan 'n sobat, karena shoutbox oggix lagi error, maka bila akan mengisi buku tamu mohon mengisi di bagian paling bawah pakek shoutmix.

19 December 2008

Lomba Cerpen Hari Ibu

Malang,
Dalam rangka menyambut hari ibu 22 Des 2008. www.dwicy.blogspot.com bekerjasama dengan smart art dan smart live. menyelenggarakan lomba cerpen untuk siswa-siswi MTsN 1 Malang (komunitas jurnalistik).
Berikut ketentuannya :
  1. Tema "Ibu".
  2. Diketik di microsoft word, kertas A4; margin Top.2cm Left.3cm Bottom.2cm Right.2cm paling panjang 2 hal.
  3. Dikirim sebagai attacthment ke m2_cy@yahoo.co.id dengan subjek:cerpen
  4. Naskah diterima paling akhir Senin, 22 Desember 2008 pukul.24.00
So.. bagi kamu-kamu yang mengaku anak gaul 'n smart buktikan kasih sayangmu tuk ibu dengan menuangkan ide-ide berlianmu dalam sebuah cerpen dengan tema ibu.
Bagi 5 terbaik, akan mendapatkan kalender remaja gaul ala islami dan dimuat di website www.dwicy.blogspot.com ini. Buruaaa..nn kirim.
Selamat berkarya.

12 December 2008

Warga IKAMI Cab.Malang

Malang,
Tu Foto mejeng anggota IKAMI (Ikatan Keluarga Madrasah Islamiyah) Pon.Pes.Attanwir Talun Bojonegoro waktu HalalBihalal 1429 Kemarin di aula Pon.Pes.Mahasiswa Al-Hikam (asuhan P.Hazim Muzadi)

02 December 2008

Setetes Embun itu Berubah Jadi 2 buku

Malang,
"Setetes Embun itu berubah Jadi 2 buku" judul itu muncul berkaitan dengan sms pendekku saat pak.Krisna Murti mempersilahkan audien yang mengikuti Talkshow-nya di Gramedia Matos. Akupun sms beliau, namun sms yang seharusnya hanya (Matos, Nama) saya tambahi dengan tulisan "Bagaikan setetes embun di padang sabana". Eh... alhasil pak.Krisna memanggilku "DwiCy maju ke depan" Akupun seraya ke depan. Alhamdulillah sms usil tersebut dibalas oleh p.Krisna dengan 2 buah buku yang jadi satu. Terimka kasih pak...
Aku tahu acara itu karena diberi tahu oleh Mas.Zainuddin. terimakasih juga mas...

30 November 2008

KENANGAN YANG INGIN KU INGAT


Soal-soal CPNS

Sehubungan dihelatnya CPNS tahun 2008 ini baik dari depag maupun diknas (pemkot). Saya yang beberapa waktu lalu mendapatkan kumpulan soal-soal CPNS akan menjadikan blog ini sebagai 'bridge' (jembatan) bagi yang mengintinkan soal-soal itu. Berhubungan belum dapat menaruh 'n langsung di download maka bagi siapa yang menginginkan mohon meninggalkan alamat email di shoutbox. insyaAllah akan segera saya kirimi kumpulan soal tersebut.

HALAL BIHALAL MI KHADIJAH

Malang (13 Okt 2008)

Halal bihalal MI Khadijah kali ini dilaksanakan lain dari tahun2 sebelumnya. Lain karena tempatnya yang biasanya berada di depan kelas, kali ini dilaksanakan di depan masjid Khadijah dengan memakai terop menghadap ke barang (masjid) sementara anak-anak berada di serambi masjid.
Ustadz masnsyur memberikan mauidhoh hasanah tentang cerita seorang yang akan masuk surga namun tidak jadi karena amalannya harus diberikan kepada orang yang didzalimi sewaktu masih hidup, setelah semua amalannya habis masih datang lagi orang yang meminta amalnya, karena amalnya habis dan ia tidak bisa memberi amal maka ia diberi keburukan orang yang didzalimi tersebut.
Acara ini dimeriahkan juga dengan aneka hiburan dari anak-anak diantaranya, tari saman, duet pianis dengan penyanyi, dan karaoke. Alhamdulillah dengan halal bihalal ini berarti kesalahan yang ada telah terhapus. ‘Minal ‘aidin wal faidzin’ ya…

HALAL BIHALAL KELUARGA BANTU

Malang,
Keluarga Bantu (BA Restu 1, BA Restu 2, dan TPQ At-Taufiq)

(KH.Abdullah Hasyim)Dalam sebuah organisasi, setiap person harus bisa saling menghormati dan menghargai. Ada cerita; Dalam pelayaran kapal ada orang diatas dek dan ada orang di dalam kapal, jika orang di dalam kapal ingin air kemudian egois tidak mau naik ke atas dek kapal, ia melubangi kapal dari dalam untuk mendapatkan air, maka yang celaka bukan hanya orang di dalam kapal itu saja akan tetapi orang yang ada di atas dek akan ikut sengsara, bahkan orang kapal itu akan ternggelam. ; kapal ibarat sebuah organisasi.(Rosikhuna fi nafsi taqaddama liqot)

21 November 2008

AGEN PERUBAHAN DUNIA

Malang,
Siapa mereka itu? Kelaslima A "Agen Perubahan Dunia" kata itu ku-kukuhkan pada mereka yang di sekolah menjadi tanggungjawab lebih pada-ku, karena aku walikelas mereka.
Sedikit terinspirasi dengan "Laskar pelangi" sosok bu Mus yang menyebut anak didiknya sebagai 'laskar pelangi'.
Agen perubahan dunia ingin ku tanamkan kepada mereka, bahwa kelak dipundak merekalah dunia ini akan diarahkan; meskipun sekarang masih kecil tentu juga ikut andil dlam perubahan. "Subbanul yaum, rijalul ngodan."

19 November 2008

MASAK PANEN MANGGA

Bojonegoro
Seperti pada umumnya, di desa rumah masih jarang-jarang sehingga tanaman di sekitar rumah sangat banyak dan beragam. Rumah Bojonegoro juga begitu di sekitar rumah dan pekarangan ditanami pohon seperti pisang, jeruk, mangga, sukun, nangka, jambu, dll.
Kali ini kami panen (bukan panen ah cuma dikit) mangga. Sebelum kembali ke Malang aku unduh 5 pohon yang ada di tegalan (kebun). namun memang karena ke Malang pakek motor jadi gak bisa bawa banyak.
Menurut historisnya pohon itu ditanam oleh kakek. Jadi yang menanam tidak merasakan nikmat buahnya tapi anak dan cucu-cucunya yang menikmati jerih payah kakeknya itu. So... yuk kita menanam tuk anak cucu kita. yuk yak yuu...k

16 November 2008

DIKLAT KISI-KISI DI MIN MALANG 1

Malang,
S
eorang pendidik diwajibkan paham bagaimana menyusun kisi-kisi soal, agar lebih paham akan esensi pendidikan dan target yang akan dicapai dalam suatu pembelajaran itu. Kali ini Departemen Agama Kota Malang (Depag) mengadakan pelatihan penyusunan kisi-kisi soal.

Alhadulilah saya termasuk peserta di dalamnya. Selama 2 hari ditempa berbagai teori dan praktek. Karena saya memegang pelajaran B.Indonesia maka saya ikut kelompok B.Indonesia. Kegiatan ini sangat membantu membuka mata guru bahwa sebelum mengajar seharusnya sudah menyusun kisi-kisi soal agar lebih tahu mana titik tekan yang harus diajarkan kepada peserta didik. Terimakasih saya ucapkan kepada panitia yang telah mengundang aku untuk ikut pelatihan ini.

BISIK BISIK KOK PAKEK BELAJAR!

Malang,
Dalam pembelajaran Bahasa ada 4 keterampilan yang ingin dicapai.
a. Keterampilan Mendengar
b. Keterampilan Berbicara
c. Keterampilan Menulis
d. Keterampilan Membaca
Dalam keterampilan mendengar, seseorang haruslah dapat menerima informasi yang didengarnya, tidak hanya sekedar mendengar lalu tidak tahu apa yang baru ia dengar. Oleh karena itu perlu dilakukan simulasi Game bisik-bisik berantai. Kali ini kelas 6 yang melakukan game itu, satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Peserta paling depan mendengar informasi dari guru kemudian meneruskan kepada peserta di belakangnya, hingga sampai yang paling belakang. Tugas yang paling belakang menulis kembali pesan/informasi yang diterima. Siapa yang paling tepat menulis informasinya itulah kelompok yang mendapatkan poin tinggi.
Kegiatan ini sangat bermanfaat sekaligus menyenangkan bagi anak-anak. Selamat mencoba.

BERBAGI ITU INDAH


Malang,
B
ulan Ramadhan emang bulan yang RRRUARRR BIASAA... apapun ada didalam bulan ini. Semua orang beriman dengan ikhlas melaksanakan puasa berharap ridho Allah swt. Semua percaya Allah mengawasi setiap gerak-gerinnya.

Ngiroh beramal dan berbagi pun dengan mudah memasuki kalbu setiap insan. Begitu juga santri-santri TPQ AT-Taufiq (Jl.Bandung 7 D Malang) ini. Setelah mengumpulkan sekian amal, berangkatlah sekitar 17 mobil menuju Panti Asuhan "Al-Mustaqim" di daerah Lawang (bawah kebun teh purwosari). Alhamdulillah dengan acara seperti ini anak-anak dapat belajar dengan langsung berkawan dengan mereka yang tidak seberuntung para santri. Banyak dari yang tinggal di panti telah kehilangan Bapak/Ibu mereka.
Yuk kita lakukan berbagi dengan sesama untuk kemaslakhatan. InsyaAllah setiap apa yang kita berikan akan berlipat ganda sebagaimana sebutir benih padi dapat menghasilkan berpuluh-puluh butir padi. Semoga kita mempunyai sifat terpuji itu... Amin

AKUPUN BISA BUAT KENTONGAN

Bojonegoro,

Ramadhan lalu waktu ku berada di dalam rumah Bojonegoro, ada beberapa anak yang meminta kayu bambu. Ketika ditanya untuk apa? Mereka menjawab “Untuk membuat kentongan buat patrol nanti malam”. Memang hari itu hari sya’ban terakhir. Jadi malam nanti sudah shalat tarawih. Kebiasaan di daerah membangunkan orang untuk makan sahur itu sudah menjadi tradisi bertahun-tahun.

Maka mereka diizinkan oleh ibu untuk memilih sendiri bambu yang ada di samping rumah. Usia mereka kira-kira 10-11 tahun. “Mbak nyambut graji kalih bendo” ucap mereka. “Yo.. pundut dewe ya… no pinggir lawang” jawab ibu. Aku pun melihat tertarik melihat mereka… Eh… ternyata mereka lihai betul membuat kentongan itu… dengan saling membantu mereka membuat 4 buah kentongan. Sementara yang tidak membuat bagian ‘icik-icik’ dan penabuh drum (dari gallon air).

Pelajaran dari sini, disitu ada kemauan pasti ada jalan. Tidak pandang usia karena mereka yakin dan dengan semangat yang luarrbiasa, akhirnya jadilah grup patrol mereka. Selamat berpatrol….

PONDOK RAMADHAN CERIA MIKH

Malang,

Asyiknya pondok Ramadhan di MI Khadijah. Setiap siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk kelas besar (4,5,6) dilaksanakan 3 hari, begitu pula dengan kelas kecil (1,2,3) dilaksanakan 3 hari. Setiap siswa diberi buku saku yang fun banget. Semakin asyik dengan pemutaran film kartun islami. Ada juga out bond di halaman sekolah yang happy abis.

Ada hadiahnya juga bagi kelompok yang dapat poin terbanyak untuk out bond. Trus ada juga lomba Patrol. Wah… asyik…. Tahun depan pasti lebih seru lagi...

11 November 2008

Panjat Pinang VS Panjat Debog

Malang, Agustus 2008

Kalau dulu sering aku melihat panjat pinang di halaman Sekolah Dasar dengan beraneka ragam hadiah yang dipasang di ujung atas pinang seperti Tape compo, radio, makanan, kipas angin, sepeda, dll. Pinang yang telah ditegakkan dilumuri dengan oli agar licin saat dipanjat peserta. Pesertanya mayoritas dari kalangan dewasa.

Namun dalam HUT RI ke 63 ini yang aku jumpai bukannya panjat pinang tapi panjat debog (pohon pisang). Pohon pisang bukan ditancapkan melainkan digantung terbalik. Hadiahnya bukan berupa barang tapi amplop yang berisi beragam jumlah uang. Kalau panjat pinang menggunakan oli sebagai pelicin, tidak dengan panjat debog yang menggunakan air sabun colek. Pesertanya pun cukup 2 orang per kelompok, bukan orang dewasa namun anak-anak kecil.Seru juga ya… bagi yang telah bosan dengan panjat pinang, ini pilihan bagus merasakan sensasi panjat debog.. he.he.

BUKA BERSAMA FKMBM

FKMBM (Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro se-Malang) telah 2 kali ganti nahkoda. Nah.. nahkoda yang ke 3 ini dengan kru-nya mengadakan ‘BUBAR Buka Puasa Bareng yang bertempat di Teras Sasana Krida (UM).
Alhamdulillah meskipun acaranya agak berantakan, kebersamaan itu makin terasa erat diantara teman-teman. Smoga wadah yang dirintis oleh kita semua ini terus terjaga dari generasi ke genarasi berikutnya. Bravo FKMBM.

02 November 2008

Ro'is Penentuan Jawa Timur

Pilihlah pemimpin yang mampu, yang telah anda kenal kelayakannya. Siapapun yang terpilih moga dapat mengayomi masyarakat jawa timur menuju kehidupan yang agamis, sejahtera, dan bahagia.

11 October 2008

Bupati Kang Yoto dolan ke rumah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Halal Bihalal menjadi tradisi di negara kita ini. begitu juga di desa tempat lahir saya. Sering juga di setiap desa ada yang namanya tasyakuran bumi (sedekah bumi) sebagai rasa ucapan syukur kepada sang Khaliq.
Dulu Sedekah bumi disamakan dengan 'nyadran' kegitannya lebih condong pada kesyirikan yang membawa sesaji ke sebuah pohon besar atau tempat keramat tertentu, namun dalam perkembangannya sedekah bumi oleh para ulama' jawa dirubah menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih rasional, agamis, dan bermanfaat untuk masyarakat setempat.
Di desa Gedongarum sudah 3 kali ini bentuk sedekah bumi dinyatakan dengan kegiatan khataman al-Qur'an di pemakaman kemudian malam setelahnya diselenggarakan pengajian umum. Nah... tahun ini selain pak yai..., diundang juga bupati Bojonegoro, alhamdulillah Pak Yoto mau menghadiri undangan desa. Pak Yoto dulu alumni at-tanwir, dosen unmuh malang, da'i, rektor universitas muhammmadiyah lamongan, pimpinan pusat PAN. Beliau disambut di rumah dengan jaminan sekadarnya.
Selamat ya.. pak.. engkau bisa menjadi pemimpin yang merakyat di daerah kelahiranku. semoga engkau dapat mengemban amanat ini dengan baik. Amin.

Keponakan Baru 28 Ramadhan 1429 H.

Alhamdulillah 28 Ramadhan kemarin telah lahir dengan selamat keponakan baru seorang putri dari Mas Ghofar. Selamat ya mas... moga menjadi putri sholehah berbakti pada orang tua, agama, nusa bangsa. Amin....

27 September 2008

met lebaran ya..

Krnjang isi kurmo,dandang isi sego,ojo mangan sakdurunge buko,saiki q njaluk spuro,masio durung riyoyo."MET MENJALANKAN IBADAH PUASA"




mampir di webblog ya...
(dwicy.blogspot.com)

DwiCy Memohon Maaf ya....




Reuni 5 Alumni MAI At-Tanwir

Alhamdulillah bentar lagi ketemu ma temen2 Aliyah [SMA], bagi temen2 tolong sebarkan informasi ini ya...
Acara Reuni 5 MAI At-Tanwir dihelat besok Ahad, 5 Oktober '08 dirumah sdr Rouf Jl.Gotong Royong Ngemplak Baureno Bojonegoro.
Ini stiker yang q buat untuk temen2. Gratis..!! Makanya datang ya... [tuk 100 yg datang pertama] buruan..... he.he.


10 September 2008

MARHABAN YA RAMADHAN





Cover Kharisma Edisi 3




IKAMARO DARI MASA KE MASA

Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada sang Kholiq Dzat yang mengetahui segala sesuatu yang tampak oleh mata ataupun yang tersembunyi. Yang telah memberi petunjuk dan kekuatan kepada kita semua.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada sang Reformis sejati, sang Tauladan kita beliau Rosullullah Muhammad SAW, sebagai ungkapan cinta kita kepadanya.

Berikutnya ini merupakan histori Ikatan Mahasiswa Bojonegoro (IKAMARO) dari masa ke masa. Data diperoleh dari beberapa sumber dengan menggunakan metode wawancara maupun studi catatan. Jika ada hal yang perlu diluruskan, dengan senang hati kami akan mengislahnya.

KEPENGURUSAN Kak Cholil (2000 - 2003)

Berawal dari niatan ingin menciptakan guyubnya perkumpulan mahasiswa dari Bojonegoro di Sekolah Tinggi Ilmu Agama Negeri (STAIN) Malang, muncul ide membentuk perkumpulan. Akhirnya perkumpulan itu dinamakan Ikatan Mahasiswa Bojonegoro (Ikamaro). Ikamaro secara resmi didirikan pada tanggal 1 Desember 2000. Dengan dinahkodai oleh kak Cholil (Baureno).

Agenda Ikamaro dibawah nahkoda kak Cholil ini tidak banyak terekam.

KEPENGURUSAN M. Dwi Cahyono (2003-2005)

Karena Ikamaro pada tahun sebelumya ‘fakum’. Maka hal ini menyebabkan mahasiswa baru asal Bojonegoro yang ada di Ma’had merasa tidak ada sambutan seperti mahasiswa asal daerah lain yang sering dipanggil di Indaroh (kantor red) untuk kumpul & ta’aruf oleh organisasi daerahnya.

Maka beberapa maba membentuk team kecil yg kemudian berinisiatif membentuk perkumpulan sendiri dengan mendata kemudian mengumpulkan maba asal Bojonegoro yang masih di Ma’had. Wal hasil berita ini didengar oleh kakak tingkat yang berasal dari Bojonegoro, dan mendukung niatan mahasiswa baru tersebut, sekaligus menceritakan bahwa sebenarnya telah ada perkumpulannya namun fakum.

Akhirnya dilaksanakan pemilihan pengurus secara sederhana. Dan terpilihlah sdr. M.Dwi Cahyono (Gedongarum-Kanor) sebagai nahkoda kedua Ikamaro saat itu. Periode kedua ini merupakan perintisan kembali pilar-pilar Ikatan Mahasiswa Bojonegoro yang sedang studi di Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS)*nama pd waktu itu. Ini merupakan rekontruksi berat yang membutuhkan curahan tenaga, waktu dan pikiran bagi pengurus. Administrasi dan segala hal yang tiada jelas inventarisasinya sebagai penghambat serius.

Pengurus mengambil point central dalam seluruh kegiatannya bertujuan demi kesatuan, kebersamaan sesama anggota, karena kesatuan dalam tubuh dan rasa memiliki antar sesama adalah kunci dalam membangun pilar kekokohan dan kemajuan organisasi ini. Salah satu kegiatan untuk mewujudkan kebersamaan itu dilaksanakannya ta’aruf maba th.2003 di Balaikambang, Kemping di Pandermen. Disamping itu melakukan baktisosial kepada orang fakir dan miskin (pemulung;jl.sunan kalijogo) sebagai tanggungjawab organisasi terhadap lingkungan sosial. Melakukan Muhibbah ke sekolah di Bojonegoro. Alhamdulillah sambutan dari mahasiswa baru maupun lama sangat luarbiasa.

Pendataan dan pencatatan seluruh dosen dan mahasiswa dari Bojonegoro mulai dilakukan sebagai analisis swoot kekuatan organisasi. Disusun pula aturan-aturan organisai dari buku besar, keuangan, surat-menyurat, dan lain sebagainya.

Kepengurusan kedua ini kemudian melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan kepada sdr.Ahmad Ridwan sebagai Nahkoda ke tiga dalam musyawarah tahunan pertama.

PENGURUS IKAMARO

IKATAN MAHASISWA BOJONEGORO

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG

2003-2005

Pembina : Dra. Mufidah Ch., M.Ag

Ketua : M Dwi Cahyono (PGMI )

Wakil ketua : Siti Khodijah (PSIKOLOGI)

Sekretaris : Sylvia Chuvita F (BIOLOGI)

Bendahara : Fahrina H (BIOLOGI)

DIVISI-DIVISI :

  1. HUMAS DAN PENGABDIAN MASYARAKAT.

Siti Arifah (Co) ( PAI)

Ulif (SYARIAH)

M Abdul Rofiq Roziqi (PAI)

Eni Indrawati ( PSIKOLOGI)

Ulvia Rahmawati (PAI)

Tsalis (PSIKOLOGI)

  1. KEANGGOTAAN DAN KEAGAMAAN.

Wiwin Yutmiatin (Co) ( MTK)

Abu na’im (B.INGGRIS)

Ismail hamid (IPS)

Fitrianti (PAI)

Nenik (PAI)


KEPENGURUSAN Ahmad Ridwan (2005-2006)

Kepengurusan Ikamaro pada periode ini memandang sangat perlunya sebuah tempat untuk sharing dan berbagai kegiatan bersama (baca; komisariat red) maka akhirnya berdirilah komisariat Ikamaro yang pertamakalinya tepatnya, di kampung Joyosuko.

Periode ini mengadakan gebrakan baksos dengan sasaran warga Bojonegoro. Alhamdulillah Baksos ini disambut dengan gembira yang luar biasa oleh warga desa Kalangan-Ngraho. Selain kegiatan eksternal tersebut. Tidak kalah juga, gebrakan kegiatan di internal anggota sangat gencar. Halal bihalal dilaksanakan di Bojonegoro, bersilaturrahim ke rumah dosen.

PENGURUS IKAMARO

IKATAN MAHASISWA BOJONEGORO

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG

2005-2006

Pembina : Dra. Mufidah Ch., M.Ag

Ketua : M. Arif Ridwan (Pendikan Islam/IV)

Wakil Ketua : Moh. Fakhrur Rozi (Manajemen/IV)

Sekretaris : Nur Kholifah. (Kimia/IV)

Wakil Sekretaris : Alfina Hidayati (Bhs. Inggris/IV)

Bendahara : Alifia Rahmawati (Bhs. Inggris/IV)

Wakil Bendahara : Anis Trisnawati ( D2/II)

Devisi-devisi

Devisi Humas dan Pengabdian Masyarakat

Rohmat Amin (Co.) (Pendikan Islam/IV)

Anita Trisnawati (Biologi/IV)

Afifur Rahman (PA/II)

Abidah A.S. (Manajemen/II)

Emy Henifa (Bhs. Arab/II)

Devisi Keanggotaan dan Agama

Lilik Mustafidah (Co.) (Pendikan Islam/IV)

Nur Ila Ifawati (Bhs. Arab/IV)

Utomo (Psikologi/II)

Affan Abdur Rahman (Informatika/II)

Nuril Hamidah (Bhs. Arab/II)

KEPENGURUSAN Hermanto (2006-2007)
KEPENGURUSAN Iil………….. (2007-Sekarang)

24 August 2008

PILKELAS V A






Pilkelas V A MI Khadijah (Pemilihan ketua kelas) Periode Th.2008/2009. Ada kampanyenya juga lo... kayak Pilkada aja. Setelah mereka mengemukakan program-programnya "Jika aku menjadi ketua kelas maka ......" Pemilihanpun dilakukan dengan penghitungan tertutup. Yakni setiap warga kelas V A dapat memilih 2 orang yang mereka unggulkan.
Proses tidak terlalu lama seperti Pilkada. Setelah semua selesai memilih, maka dilakukanlan penghitungan suara. Ada yang menjadi penghitung, saksi, dan penulis. (panitia red.)
Dan terpilihlah susuan kepengurusan kelas V A Periode 2008/2009 ini. Diananda (ketua 1), Hisan (Ketua 2), Afiah (Sekretaris), dan Dio Rehan (Bendahara). Selamat ya... sekarang pemimpin kelas, kelas pemimpin bangsa... Amiin...

14 August 2008

Wisuda 'n Dunia ES


Hari ini antik, seantik waktu itu 9-9-1999 waktu mbak pur nikah, 7-7-2007 waktu mas ghofar nikah. hari ini 8-8-2008 keluarga (Ibu, Kakak, Mbak, Aal, Rodhi) datang ke Malang tuk wisudanya Mbak di UNIVERSITAS WISNUWARDANA sawojajar.
Karena datang dengan rombongan 'n nginap di asrama, so.. keluarga saya ajak nginap di Mas Gun (Sawojajar). Malam sebelum wisuda kami dolan ke dunia es di utara parkir araya. wow... dingin banget... tapi seru...
Abis itu perut terasa lapar, so.. cari makan di Ayam Yogjakarta di Soekarno Hatta, trus mampir di Kos sebentar 'n go... to rumah mas lagi.
CONGRATULATION mbak.... sekarang jadi sarjana bahasa indonesia. kapan ya... aku selesai... ih.. ayo.. semangat dwicy...

EF tiada kata telat tuk belajar

Selasa, 5 Agustus 2008
Menjelang pukul 19.00 persiapan berangkat. Sebelumnya sedikit mempelajari buku yang telah di berikan waktu daftar ulang malam kemarin. Ya… malam ini mulai pertama khursus bahasa inggris di EF (English Frest). Pertama masuk rasa agak canggung, akhirnya dengan pengarahan dari pak jukir ku parkir sepedaku di depan halaman EF pintu depan. Mungkin karena tempat parkir sangat penuh jadi sementara disuruh meletakkannya di sana, pak jukir juga berpesan agar tidak mengunci ster ‘n helm harus dikunci.
Masuk langsung menuju tempat resepsionis ‘n menanyakan tempat khursus. Setelah mendapatkan infomasi tempatnya di ruang Pert maka langsung aja masuk dan mencari dengan membaca tulisan di setiap ruang yang tampak cerah meriah penuh warna meskipun ruangannya cukup kecil, kira-kira hanya muat 10=15 orang.

Disitu telah banyak menunggu peserta khursus lainnya yang usianya kebanyakan lebih muda dari usiaku. Waktu tepat pukul 19.40 tampak seorang dengan baju rapi menuju ruang Pert wajahnya tampak tak canggung sedikitpun. Ya… seperti bayanganku itu adalah Teacher yang mengajar di Pert.
Kursuspun dimulai dengan ‘good night’ tanpa ucapan salam yang biasa diucapkan pada setiap acara yang saya ikuti. Ya… mungkin karena pesertanya heterogen dari segi agama. Ia mengenalkan diri namanya Fadli, ia tidak melarang menggunakan Mr. mungkin agar lebih akrab. Peserta khursus di ruang Pert hari itu hanya 5 orang saja 3 perempuan dan 2 laki-laki termasuk aku. Pertama khursus Fadli menerangkan tata-tertib kursus :
75 % kehadiran
>6 x tidak hadir tidak boleh mengikituti tes (mendapatkan sertifikat)
Hp di larang aktif ketika sedang kursus
Cara pembelajaran yang diterapkan oleh Fadli sangat happy dan menggugah seluruh peserta untuk terlibat secara aktif dalam setiap materi yang diterangkan olehnya. ada permainan yang dinamakan Head ‘n Tail (kepala ‘n ekor) dan kata berkait. Meskipun metode itu telah aku terapkan dalam pembelajaran ke anak-anak di sekolahan tapi cara Fadli menyampaikan berbeda. Saya jadi teringat dengan dosen b.inggris waktu kuliah D2 PGMI di UIN yaitu b.ririet dan b.indah yang begitu energik dan menyenangkan mengajarkan b.inggris. Materi hari itu berakhir setelah memainkan Head ‘n nail. Saya mati di nomor 2 terakhir. Pemenangkanya adalah ……
Berakhirlah pertemuan pertama kursus di EF hari itu.
Kamis, 7 Agustus 2008
Ini hari ke2 kursus, hari ini pesertanya lebih banyak dari hari pertama yaitu 9 orang. Tepatnya 4 laki-laki dan 5 perempuan. Materi yang disampaikan tentang Job. Metode yang menurutku paling mengesanka adalah melengkapi teka-teki silang yang masih rumpang. Cara mainnya berpasangan. Yang teka-tekinya sama tapi yang rumpang tidak sama. Kalau ingin mengisi harus bertanya kepada pasangannya dengan bahasa inggris, kalau tidak bisa peserta boleh mengeja ‘spell’. Hari itu cukup menyenangkan meskipun ruangan terasa sangat dingin di kulitku. Meskipun begitu pembelajaran terasa sangat singkat. Dan berakhirlah waktu kedua kursus ini.

Pelatihan Perkoperasian

Pelatihan perkoperasian ini dilaksanakan waktu liburan semester genap tahun 2008 tepatnya tanggal 10-11 Juli sedangkan tempatnya di aula kantor depag kota Malang. Ya.. cukup banyak hal baru yang saya dapat dari pelatihan ini.
Jadi inget ketika aktif di Koperasi Mahasiswa "Padang Bulang" UIN Malang.

30 July 2008

D2 PGMI UIN Reuni Darurat !!!

"Besok reuni di Malang? yang bener saja! saya yang di Malang kok gak tau!" balasan smsku pada Riska.
"Panitianya siapa? tempat dan konsumsi udah beres semua?" smsku pada Machrus yang kata tmn sebagai ketuanya.
Sebagai ketua kelas waktu kuliah kaget banget -1 hari ada pelaksanaan reuni baru tahu. Selidik punya selidik Eh... ternyata baru kumpul2 doank tuk ngebahas rencana reuni. Ya.. alhamdulillah dapat silaturrahim dengan teman2 dari lumajang pasuruan dll.

Senyum Ramahnya Tak Ikut Pensiun

Berakhirnya tahun ajaran 2007/2008 berakhir juga masa tugas seorang bapak yang tegas dan sabar. Beliau pak Endik, cukup sebentar beliau menjadi pengawasku setelah menggantikan b.Surtiah yang pensiun duluan.
Di purna tugasnya, beliau mengundang sejumlah guru datang ke kediamannya di jalan jombang. Senyum khasnya yang ramah menyambut tamu dengan hangat dan sambutan penuh makna, mengutip kisah ulama' alhghozali.
  • Yang paling dekat = kematian
  • Yang paling jauh = masa lalu
  • Yang paling berat = dosa besar
  • Yang paling ringan = meninggalkan shalat
Di akhir sesion beliau membagikan buku kumpulan do'a yang dikumpulkan beliau dari berbagai buku dan guru-guru beliau.
Selamat p.endik engkau telah lulus dengan khusnul khotimah mengemban amanat sebagai PNS Depag Kota Malang. Sy yakin meskipun beliau telah pensiun namun pengabdian akan berjalan terus, dan banyak teman yang selalu membutuhkan nasehat dan bimbinganmu.

Khitannya Jagoan IPS

Siapa tu...? dia punya nama Rizky Firdani. Ni sebenarnya dah lama mau di posting but.. but.. bla-bla-bla.. (alasan aja) he.he..
Foto ini diambil waktu ia melaksanakan khitan.
Moga jadi anak yang shaleh ya.. dapat ngebuat bangga ortu, keluarga, bangsa, agama.
Rizky ini jagonya IPS waktu saya mengajar di kelasnya. Sekarang ia ngalnjutkan di SMP3. weh.. selamat ya Ky...
Moga kecintaanmu pada IPS dapat mengantarkan kau keliling dunia.

26 July 2008

Buku Sekolah Elektronik (BSE) Gratis

Dalam rangka menyediakan buku yang memenuhi standar nasional pendidikan, bermutu dan murah, Departemen Pendidikan Nasional telah membeli hak cipta buku teks pelajaran dari penulis/penerbit. Selanjutnya buku-buku tersebut disajikan dalam bentuk buku elektronik(e-book) dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE).
Visi dan Misi
M
enyediakan buku sekolah yang memenuhi standar, bermutu, murah dan mudah diperoleh.
BSE ini, baik dalam bentuk buku maupun rekaman cakram (CD/DVD) dapat digandakan dan diperdagangkan dengan ketentuan tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku. Untuk mendapatkannya bisa klik di http://bse.depdiknas.go.id
B
agi rekan-rekan guru yang ada di Malang & sekitarnya jikalau membutuhkan DVD BSE ini lengkap dari SD-SLTA tanpa harus mendownload dapat menghubungi saya lewat email:
m2_cy@yahoo.co.id atau datang ke MI Khadijah Jl. Arjuno19 A

25 July 2008

Utak atik buat video (4)







Berawal dari iseng2 melakukan hoby ngedit video. Dulu capture masih pakek kamera digital itupun dengan memori yang sangat amat terbatas (hy 2 menit). Alhamdulillah sekarang udah menghasilkan lebih dari 7 buah video dokumenter dengan pengambilan gambar melalui handycam JVC hardisk 20 GB dengan program edit Ulead 7, 10, cyberlink power dvd.
Itu beberapa contoh desing cover hasil video dokumenter.

Kesalahan Mendasar dalam Keluarga

Artikel ini saya peroleh pertama kali dari group WA Kes - Nas Malang 2 dari anggota bernama dr wachidah. Artikel yang sangat bagus untuk ki...