31 July 2009

Awards and Punishment Seni Kepemimpinan

"Kullukum roin wakullukum mas ulin an roiyyatihi." Setiap kamu adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinanmu. Sttt.... ya kita semua pemimpin, minimal kita sebagai pemimpin untuk diri kita sendiri, betul kan?
Produk seorang pemimpin adalah sebuah keputusan. Jadi seni kepemimpinan sebenarnya terletak dari gaya/seni pengambilan keputusan. Arti lain pemimpin tanpa ada keputusan sama halnya harimau ompong. Nah... bagaimana seni dalam membuat keputusan tidak dibahas pada sesi ini. Terus... kalau begitu apa dong yang ditulis di sisni?
Seni "Awards and Punishment". Seorang pemimpin harus memberlakukan Awards (penghargaan) bagi bawahannya tatkala melakukan sesuatu yang baik terlebih yang luar biasa. Award bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari ucapan ringan, sampai pemberian hadiah.
Ada Awards tentu harus ada Punishment (hukuman). Bila ada bawahan yang melakukan suatu tindakan yang melanggar aturan bahkan merugikan sesama, maka pemimpin tak boleh tidak harus memberi hukuman. Sama halnya dengan awards, punishment juga bisa dilakukan dengan ucapan, dan kemudian tindakan.
Apakah itu aja cukup...? BELUM..!!
Seringkali teori ini banyak diketahui oleh seorang pemimpin, tapi tidak jarang pemimpin yang enggan memberikan Awards untuk bawahannya. Atau ada juga pemberian award 'n punishment yang tidak seimbang. Artinya membeda-bedakan person yang dipimpinnya itu. Kalau hal demikian yang terjadi... maka akan terjadi kecemburuan sosial yang mengarah pada ketidak stabilan kinerja... dan pada akhirnya kegagalan sebagai seorang pemimpin.
Bagaimana menurut anda?

29 July 2009

Makin Tinggi Makin Kecang Anginnya

Makin tinggi pohon itu semakin kencang angin menerpa???benarkah demikian????
Ketika pohon tertiup angin maka ada dua kemungkinan :1) Tahan dan tetap kokoh berdiri, 2) Patah / tumbang dari akarnya. Namun jika pohon itu telah biasa mendapat terpaan angin maka pohon itu akan memiliki akar yang kuat dengan sendrinya. (kekuasaan Allah).
Lalu bagaimana caranya supaya pohon itu tidak tumbang di terpa angin? Kadang sifat manusia itu sendiri kurang menyadari akan keberadaannya, sehingga bisa di bilang kurang mengucap syukur dari apa yang telah Tuhan berikan.
Agar pohon tak mudah tumbang, maka pohon harus memiliki akar yang cukup kuat, semakin tinggi dan besar pohonnya maka membutuhkan akar yang juga lebih kuat.
Artinya jika pohon itu tumbuh sesuai dengan tahapan perkembangan yang baik, insyaAllah akan kuat dengan terpaan. Namun jika pohon itu cepat besar/tinggi dengan bantuan obat-obatan, maka rawan akan ketahanan dan keuatan akarnya.
Setelah akar kuat maka jangan lupa kalau bisa saja di sekitar pohon itu terdapat
semak belukar yang mengganggu. Bagaimana menurut akhi/ukhti...?

26 July 2009

GURU SD/MI/SMP/MTs/MA/SMA KOTA MALANG

Tiap kali mencoba search lewat google tentang blog guru di Kota Malang hasilnya selalu nihil. Nah ini saya coba membuat umpan pada judul postingan "Guru SD/MI Kota Malang" sebagai upaya tuk menyebar blog agar dapat share langsung antar sesama guru di Kota Malang.
Setelah mencoba memastikan, alhamdulillah akhirnya dapat dikenali oleh mbah 'Google'. Agar cakupan guru lebih luas maka judul yang semula "
"Guru SD/MI Kota Malang" saya rubah menjadi "GURU SD/MI/SMP/MTs/MA/SMA KOTA MALANG".
Bismillahirrahmanirrahim... semoga langkah ini dapat menjadi titik terang awal komunikasi guru di kota Malang. (selain yg sudah eksis, meskipun sulit mencari di google). Akhi... Ukhti... Saudara sesama guru "Salam Pendidikan" dari saya.
Mari kita wujudkan tujuan pendidikan nasional!

19 July 2009

Karakter VS Jabat Tangan

Disini tidak menceritakan asal muasal siapa yang pertama kali melakukan jabat tangan, atau siapa yang mempopulerkan jabat tangan, tapi berbagi pengalaman menafsirkan aneka macam/gaya jabat tangan.
Karena konon gaya jabat tangan itu mencerminkan karakter seseorang.
Nah, di bawah ini adalah gaya dan cara berjabat tangan beserta artinya, menurut Linda Philips dalam bukunya 'The Concise Guide to Executive Etiquette':
* Gaya kuat
Jabat tangan ini dilakukan dengan cara menggenggam erat dan keras tangan seseorang seolah anda menguasai seluruh telapak tangannya. Karena kerasnya, kadang lawan jabat tangan anda akan merasa sakit akibat tekanan yang cukup kuat. Gaya bersalaman seperti ini menunjukkan bahwa anda kurang memahami kinerja yang profesional. Anda cenderung ambisius dan ingin mencapai sesuatu dengan jalan pintas. Dan parahnya dalam kehidupan sosialisasi anda lebih sering bersikap egois dan mementingkan diri sendiri. Hingga tak heran jika anda jarang memiliki teman bergaul.
* Gaya dua tangan
Gaya yang satu ini dilakukan dengan cara menggenggam tangan lawan dengan kedua tangan anda. Gaya ini sangat tidak dianjurkan jika anda berjabat tangan dengan orang yang baru anda kenal. Karena gaya ini mencerminkan anda bermuka dua dan terkesan 'cari muka'. Anda juga pandai menyembunyikan perasaan yang sesungguhnya. Walau sebenarnya anda tidak suka pada seseorang tapi anda bisa bersikap sangat ramah pada orang yang tidak anda sukai.
* Gaya ngambang
Jabat tangan ini dilakukan selintas dengan menyentuh tangan klien atau lawan bicara. Tak ada kesan erat sama sekali pada jabat tangan seperti ini. Jabat tangan ini menandakan bahwa anda sama sekali tidak berminat pada orang yang baru anda kenal. Hal ini juga menunjukkan bahwa anda pribadi yang tidak percaya diri, acuh dan sama sekali tidak meyakinkan. Biasanya tipe ini juga lemah dan malas mempelajari hal-hal yang baru.
* Gaya genit
Gaya ini dilakukan dengan menjabat erat tangan seseorang tetapi diselingi dengan menggelitik telapak tangannya dengan ujung jari. Umumnya cara ini dilakukan jika berjabat tangan dengan lawan jenis. Hal ini menunjukkan bahwa anda pribadi yang suka menghalalkan segala cara demi tercapainya keinginan anda. Terlebih jika berkaitan dengan bisnis. Gaya ini juga menandakan bahwa anda mudah terpesona oleh hal-hal yang bersifat lahir atau fisik.
* Gaya profesional
Gaya ini dilakukan dengan cara meletakkan ibu jari (jempol) di atas tangan lawan jabat tangan anda. Sedangkan jari-jari lainnya anda lekatkan di telapak tangannya. Tekanan jabat tangan ini cukup erat tapi tidak terlalu menekan dan tidak sampai menyakiti. Lamanya jabat tangan ini hanya sekitar tiga detik. Gaya ini merupakan cara yang paling dianjurkan jika anda bersalaman dengan orang yang baru anda kenal atau dengan klien yang anda jumpai setelah lama tidak bertemu. Karena gaya ini menunjukkan bahwa anda pribadi yang hangat, profesional, dan positive thinking.
Hal yang perlu kita hidari, berjabat tangan dengan pandangan tidak pada orang yang kita ajak jabat tangan. Ini sangat kurang sopan.
Nah bagaimana dengan gaya bersalaman anda? Apakah gaya bersalaman anda selama ini sudah mencerminkan profesionalisme? Jika belum, segera perbaiki gaya jabat tangan anda sebelum orang menilai negatif diri anda.

18 July 2009

HORE... Sekolah lagi..!!!

Seminggu sudah anak-anak masuk kegiatan belajar tahun ajaran 2009/2010 ini.
Hari pertama :Memperkenalkan diri, tempat yg disukai, cita-cita. Menulis pernyataan tentang diri yang hebat di dinding.
Hari ke dua :Semakin semangat.
Hari ke tiga : Penelusuran bakat 'n kareakteristik anak.
Hari ke empat : Penelusuran bakat 'n karakteristik anak.
Hari ke lima : Pembentukan pengurus kelas
Hari ke enam : Pembentukan POS kelas
ALHAMDULILLAH......

05 July 2009

TPQ At-Taufiq menerima santri baru

Tahun ajaran 2009/2010 ini TPQ at-taufiq menerima pendaftaran santri baru. metode yang digunakan dalam mengajar yaitu Qiroati. Metode ini kami pakai sudah 3 tahun, metode sebelumnya menggunakan Iqro'.
Bagi bapak ibu yang memiliki keinginan memberikan bekal ilmu baca tulis al-Qur'an pada putra-putri bapak ibu, kami siap memberikan pendidikan dengan hati, InsyaAllah dengan metode Qiro'ati ini buah hati bapak ibu akan lebih cepat dapat membaca al-Qur'an.
Silahkan kami haturi daftar atau silaturrahim ke TPQ At-Taufiq Jl.Bandung 7 D Malang.

Berkurangnya Usiaku

Jum'at ni berbeda dengan hari-hari biasanya, pagi buta suara sms dari hp terdengar. Kubaca 'n sebuah do'a dipanjatkan untukku..
Segera ku gelar sajadah panjang di lt.3 yang beratap langit tuk menambah do'a-do'a yang telah dikirim ke aku... memang waktu tidur kuniatkan tuk bangun lagi karena wktu berangkat masih belum tunaikan shalat isya'.

Ya... hari ni
T'lah berkurang 1 tahun usiaku...
T'lah 27 tahun ku dilepas di dunia ni..
Tambah usia kematangan masih belum seberapa...
Ya Allah takdirkan jodoh hamba shalehah..
Sejuk dipandang mata...buat hati tentram melihatnya..
Menerima 'n mencintai apa adanya...
Begitu juga aku padanya...
Takdirkan secepatnya...
Kemudian karuniakan putra yang bijak 'n mempesona...
Mewarisi akhlak mulia...
Memiliki dua mata hati akhirat 'n dunia...
Tu do'a hamba di usia hamba yang makin menua..
Semoga Allah mengabulkannya..
Amin Allah humma amin..

Oha ya.. yang diatas tu ambigram dari Say.. makasih ya...
Mereka yang mengucapkan selamat ultah di blognya. Terimakasih ya...
Sayyidina Habibina
Nadhira Firdausi

SERUNYA OUTBOND DI COBAN RONDO




Under contruktion......

PRESTASI ANAK-ANAKKU 09

Tahun ini merupakan tahun kedua saya menyelesaikan tugas menjadi wali kelas V. Namun ada yang berbeda dengan tahun lalu.. karena tahun ini .................



under contruction.... tunggu ya...

WISUDA MI KHADIJAH 2009




Klik di bawah ini untuk melihat berita wisuda tahun-tahun yang lalu.
WISUDA TAHUN 2008
WISUDA TAHUN 2007

UASBN terbaik 3 KOTA MALANG

Alhamdulillahirabbil 'alamin...
Jangan sangka hanya murid yang berdebar-debar menunggu pengumuman hasil Ujian Akhir Sekolah Bersetandar Nasional (UASBN), guru pun merasakan hal yang sama. Karena keberhasilan guru adalah keberhasilan murid, sebaliknya juga keberhasilan murid adalah keberhasilan guru. Karena itulah saya bilang jerih payah guru akan terbayar lunas tatkala siswa didiknya berhasil dalam ujian, bukan terbayar oleh gaji bulanan.
Segala upaya lahir maupun batin pasti akan dilakukan oleh semua guru.. artinya mengajar sebaik mungkin dan berdo'a dengan penuh tulus selalu dipanjatkan oleh guru demi siswa didiknya. Nah... setelah sekian lama menunggu akhirnya pengumuman kelulusan pun telah tiba.
Alhamdulillah hasilnya memuaskan karena rata-rata bidang studi di atas 8. bahkan untuk bidang studi matematika ada 6 siswa yang dapat nilai 10, dan IPA 2 siswa yang dapat 10.
Pa lagi di beberapa media memberitakan bahwa MI Khadijah meraih rata2 terbaik 3 tingkat MI se Kota Malang.
Senang rasanya dapat kabar seperti itu, meskipun bahasa indonesia belum ada yang dapat nilai 10, saya tetap bangga jika mengingat grafik yang tertera di kantor diknas Kota Malang yang menunjukkan memang BI itu lebih sulit memperoleh nilai 10. Ini merupakan motivasi buat saya dan anak-anak nanti untuk mewujudkan nilai 10 itu, amin...

Kesalahan Mendasar dalam Keluarga

Artikel ini saya peroleh pertama kali dari group WA Kes - Nas Malang 2 dari anggota bernama dr wachidah. Artikel yang sangat bagus untuk ki...