27 January 2011

Si Hacker Meretas FB muridku

Kemarin malam tercengang kaget, melihat status facebook muridku yang berkata kotor (misuh). Berbagai komentarpun masuk menanggapinya. Beberapa hari dia memang tidak masuk karena sakit. Pikirku pasti acount FB murid yang telah kukenal hampir 2 tahun ini disalahgunakan orang (hacker).
Pagi harinya alhamdulillah dia masuk, lalu kutanya dengan pertanyaan ringan dulu agar dia tidak kaget. Saya kwatir dia sendiri tidak tahu perihal facebooknya. Batuknya sesekali berat dari dadanya... Setelah lama bincang-bincang ternyata benar, acount FB nya tidak bisa dibuka seperti ujarnya "Saya tidak bisa masuk facebook lagi, Pak".
Belakangan ini sering kali saya berhubungan dengan masalah hacker in. Dimulai dari dulu acountku sendiri yang semalam suntuk ku dibuat sihacker gak tidur, dilanjutkan
1 bulan kemudian sihacker datang lagi memporak-porandakan acount FB plus email dan minta uang tebusan jika menginginkan acountku dikembalikan. Kemudian kasus murid yang telah SMP sampai dipanggil oleh tatib sekolah gara-gara status yang tidak senonoh, kemudian FB teman kuliahku yang juga statusnya astaghfirullah... dan banyak sekali. Alhamdulillah setelah saya tanya beberapa data darinya, acount FB dan emailnya dapat dipulihkan kembali.

Saya menghimbau kepada semuanya untuk hati-hati....Langkah-langkah di bawah ini sedikit dapat menghambat si hacker meretas acount FB kita.:
  1. Pasktikan tidak ada orang lain yang tahu password kita.
  2. Pastikan selalu logout jika selesai menggunakan FB.
  3. Jangan centang mengingat password jika menggunakan komputer umum.
  4. Jangan tampakkan (sembunyikan) email yang dibuat acount FB.
  5. Gunakan password yang berbeda antara email dengan acount  FB.
  6. Gunakan email tautan, atau hubungkan dengan hp kita, jadi kalau acount kita dihack. kita langsung dapat laporan via hp. Ini sedikit banyak dapat membantu untuk memulihkan kembali acount kita.
  7. Hati-hati mengikuti permainan yang bisa memberi syarat mereka bisa melihat data-data acount kita.
  8. Lebih baik gunakan email yang berbeda antara yang resmi, dengan email yang hanya untuk fun. 
  9. Pastikan ketika mau log in (mengisi email dan pasword)  halaman facebook itu asli. Karena ada hacker yang modusnya menggunakan halaman yang persis sama dengan FB aslinya. (nah kalau yang terakhir ini perlu cermat mengenalinya)   

3 comments:

  1. thanks tip nya ya pak SI HACKER INI CERDAS JADI HATI-HATI!!!! TAPI ITU BENER PAK SI HACKER ITU MISUH MISUH DI PROFILE SAYA.....


    MY TIPS:MARK AS SPAM KALAU DIA MISUH MISUH DI PROFILE KITA

    ReplyDelete
  2. Sama-sama, Faiq. Maksud Faiq acount FB yang saya maksud itu yang misuh-misuh di FB Faiq? Memang tidak punya pekerjaan baik tu hecker.

    ReplyDelete
  3. hacker beda dg cracker,,,,yg ngrusak tu cracker

    ReplyDelete

Terima kasih...semoga Anda bahagia..

Kesalahan Mendasar dalam Keluarga

Artikel ini saya peroleh pertama kali dari group WA Kes - Nas Malang 2 dari anggota bernama dr wachidah. Artikel yang sangat bagus untuk ki...