27 March 2016

Jadi Juri Guru Berprestasi

Meskipun pernah mengikuti lomba guru berprestasi SD & MI Kota Malang. Yang ini sangat berbeda bahkan tak layak dibedakan karena memang amat sangat berbeda... Ya kalau kala itu saya yang sangat awam mengikuti lomba guru berprestasi harus berlomba dengan para senior salah satunya guru pamongku saat PKL D2 PGMI di MIN Malang I, yaitu Pak Suroto, M.Pd.I. Al hasil.. kandas deh... ;) 
Sekali lagi sangat amat beda... kali ini menjadi juri guru-guru berprestasi... Bagaimana ceritanya kok bisa? Ceritanya beberapa hari lalu saat pagi menjelang shalat dhuha, Bapak Kepala Madrasah memanggil saya di serambi mushala.. "Pak Dwi hari Minggu tanggal 27 menjadi juri lomba guru berprestasi bersama Pak Yanto dan Pak Zaidi".

"Baik Pak.." jawabku tak bisa menolak. Apa!! jadi juri guru berprestasi?#*^  Apakah pantas menjadi juri!!  Kalau Pak Yanto yang pernah menyabet guru berprestasi nasional sangat layak menjuri.. atau Pak Zaidi sebagai wakil kepala MIN Malang 1 dengan sederet prestasi beliau tidak diragukan lagi... La kalau saya? apa yang telah ditorehkan? Bismillah.. batinku berkata bahwa ini kesempatan menimba ilmu pada para senior.
Setelah rapat dalam waktu yang terbatas maka saya didaulat menilai portofolio peserta lomba. Tidak hanya itu, bukan hanya menilai tapi  kriteria dan rubriknya juga diserahkan saya. Eh..eh...harus banyak cari referensi kalau gitu...  Setelah cari berbagai sumber dan buka-buka dokumen pribadi saat mengikuti lomba gupres beberapa tahun lalau akhirnya selesailah rubrik penilaian portofolio.

Ternyata tidak cukup di situ tugasku. Ada tugas lain yaitu harus membuat 14 soal yang terdiri dari empat kompetensi guru, UU Sisdiknas, dan UU guru dan dosen. Tidak kehabisan akal googling di internet cari inspirasi  beberapa bentuk soal guru prestasi di internet segeralah jari-jemmari ini menari-nari di atas keyboard.

------------------------------------
Hari pelaksanaan lomba.

Pertama tes tulis dengan
penanggungjawab Pak Zaidi. Kemudian portofolio satu demi satu saya bolak-balik... yang menarik di sini, meskipun telah ada panduan dari juri ternyata kekreatifan peserta lomba membuat saya harus bolak-balik memetakan dari 8 komponen portofolio itu.. @#$%!^ cukup menyita waktu.

Alhamdulillah...pukul 12.00 menilai portofolio akhirnya tuntas dengan segenap tenaga tercurahkan. semoga itu penilaian yang objektif dan adil. 

Setelah para juri selesai akhirnya ditotallah seluruh point yang dikumpulkan oleh peserta lomba. Inilah hasil penjuriannya:

JUARA
Nomor
Peserta
Perolehan
Skor
Nama
Asal
Madrasah
1
014
305,5
NANANG SUKMAWAN, S.Pd., M.Pd.I
MIN MALANG I
2
013
219,5
DIAN PUSPARINI, S.T., S.Pd.I.
MINU PUTRI
3
012
216
SRI MAULIDININGTYAS, S.Pd.
MI KHADIJAH
Harapan 1
015
195
SULISTYOWATI, S.AG, S.Pd.I
MI NU MAUDLU'UL ULUM
Harapan 2
010
183,5
MOH MAHFUT, S.Pd.I
MI AT-TAROQQIE
Harapan 3
03
179
NINIK NURLAILA
MI YASPURI

Selamat untuk para pemenag.. mudah-mudahan barakah dan menjadi inspirasi siapa saja. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..

Kesalahan Mendasar dalam Keluarga

Artikel ini saya peroleh pertama kali dari group WA Kes - Nas Malang 2 dari anggota bernama dr wachidah. Artikel yang sangat bagus untuk ki...