Mars Hidup Sehat


               Siapa yang suka kebersihan? Bagaimana dengan kalian? Pasti semua orang suka akan kebersihan. Agama Islam mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan. “Annadhafatu satru minal iiman” Kebersihan itu sebagian dari iman. Artinya bila kita mengaku beriman maka wajib bagi kita menjaga kebersihan. Lalu pertanyaan selanjutnya “Sudahkah lingkungan kita bersih?”
 Masihkah kita jumpai sampah di sudut-sudut madrasah kita? Bila masih ada sampah, itu artinya warga madrasah belum menerapkan Pola Hidup Bersih. Lalu siapa yang patut disalahkan? Tentu semua warga madrasah yang bertanggung jawab akan kebersihan itu.


Apakah yang dimaksud Pola Hidup Bersih? Pola hidup bersih dapat diartikan kemauan berperilaku bersih, tidak hanya kemauan tapi menerapkan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.  Baik itu di lingkungan rumah, lingkungan madrasah, maupun di lingkungan masyarakat. Berapa pentingkah hidup bersih itu? Yuk teruskan membaca artikel ini.

Pentingnya Hidup Bersih


Pola perilaku hidup bersih sangat dekat dengan kesehatan. Artinya, bila hidup bersih maka kita akan sehat. Sebaliknya bila tidak bersih maka dekat dengan penyakit, dan penyakit sangat dekat dengan kemiskinan. Hayo siapa yang mau dekat dengan penyakit dan kemiskinan…hiiii...ngeri kan? Pasti kalian tidak ada yang ingin dekat dengan penyakit dan kemiskinan.
Hidup bersih sangat penting bagi kita. Dengan hidup bersih maka kita dekat dengan kesehatan. Bila kita sehat maka hidup kita akan terasa nikmat. Mari kita cermati lirik mars hidup sehat yang dipelajari kelas 5 pada tema 3.
Mars Hidup Sehat

Tiada yang lebih berharga dari nikmat hidup sehat
Sehat jasmani sehat rohani kunci hidup bahagia
Meski kaya terhormat mulia tapi pasti menderita
Jika penyakit musuh utama selalu menggoda

Bina hidup sehat diri dan keluarga
Bina lingkungan sehat masyarakat sentosa
Hidup sehat modal utama
Bagi pembangunan semesta
sehat sejahtera makmur merata
Berdasarkan pancasila


Tidak ada yang lebih berharga dari pada nikmat hidup sehat, baik itu sehat jasmani (tubuh) maupun rohani (jiwa). Hidup sehat merupakan kunci agar hidup kita bahagia. Meskipun kita memiliki kekayaan yang berlimpah, dihormati oleh banyak orang akan tetapi terjangkin sebuah penyakit maka kita akan hidup sengsara dan menderita.
Hidup bersih dapat menciptakan lingkungan di sekitar kita sehat, lingkungan sehat  menjadikan badan kita sehat terhindar dari penyakit. Begitulah pentingnya kita menjaga kebersihan.
Di mana kita harus hidup bersih? Pola hidup bersih hendaknya diterapkan di mana saja kita berada, baik di lingkungan rumah, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat. “Sudahkah kalian mendukung terciptanya kebersihan?”  Bagaimana cara menjaga hidup bersih?

Tips hidup bersih

Di atas sudah dijelaskan bahwa kebersihan adalah sebagian dari pada iman. Jadi menjaga kebersihan adalah anjuran Nabi Muhammad yang ada dalam sebuah hadis. Tentu beliau sudah memberi tauladan kepada kita. Ya… Rasulullah senantiasa menjaga kebersihan dirinya seperti rajin memotong kuku, mencuci dan memotong rambut serta menggosok gigi. Kegiatan memotong kuku dilakukan setiap hari kamis atau hari jumat setiap pekan.

Cara lain untuk menjaga kebersihan yaitu kita perlu mencuci tangan yang dilakukan setiap selesai beraktivitas, contoh selesai bermain terlebih-lebih sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan yang baik adalah mencuci tangan di air yang mengalir, tujuannya agar kotoran dari hasil cuci sebelumnya tidak ikut digunakan saat membilas. Mencuci tangan juga sebaiknya dilakukan dengan sabun dengan tujuan agar kuman-kuman penyakit bisa lebih mudah diangkat dan dibunuh. Nah, di sekolah kan sudah tersedia banyak wastafel (tempat cuci tangan) tidak lain disediakan madrasah untuk kalian.
-------------------------------------------------------------------------------
“bila tidak bersih maka dekat dengan penyakit, dan penyakit sangat dekat dengan kemiskinan. Hayo siapa yang mau dekat dengan penyakit dan kemiskinan…hiiii...ngeri kan?”
-----------------------------------------------------------------
Hal lain yang sangat penting adalah membuang sampah pada tempatnya. Sampah merupakan tempat berkembangnya lalat dan kuman penyakit, dengan mengurangi jumlah sampah berarti juga mengurangi lalat dan bibit penyakit. Cara mengurangi jumlah sampah yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya, jika perlu pisahkan antara sampah plastik, kaca, kaleng, dan daun-daunan (organik).

Ternyata tidak berat ya berperilaku hidup bersih. Ayo kita mulai dan biasakan sejak dini dari memotong kuku, mencuci dan memotong rambut, menggosok gigi dua kali sehari, membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan mau dan selesai beraktifitas. Dengan berperilaku hidup bersih itu artinya kita sudah ikut serta dalam membangun Indonesia. Hebat kan! (DwiCy)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..