10 September 2008

IKAMARO DARI MASA KE MASA

Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada sang Kholiq Dzat yang mengetahui segala sesuatu yang tampak oleh mata ataupun yang tersembunyi. Yang telah memberi petunjuk dan kekuatan kepada kita semua.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada sang Reformis sejati, sang Tauladan kita beliau Rosullullah Muhammad SAW, sebagai ungkapan cinta kita kepadanya.

Berikutnya ini merupakan histori Ikatan Mahasiswa Bojonegoro (IKAMARO) dari masa ke masa. Data diperoleh dari beberapa sumber dengan menggunakan metode wawancara maupun studi catatan. Jika ada hal yang perlu diluruskan, dengan senang hati kami akan mengislahnya.

KEPENGURUSAN Kak Cholil (2000 - 2003)

Berawal dari niatan ingin menciptakan guyubnya perkumpulan mahasiswa dari Bojonegoro di Sekolah Tinggi Ilmu Agama Negeri (STAIN) Malang, muncul ide membentuk perkumpulan. Akhirnya perkumpulan itu dinamakan Ikatan Mahasiswa Bojonegoro (Ikamaro). Ikamaro secara resmi didirikan pada tanggal 1 Desember 2000. Dengan dinahkodai oleh kak Cholil (Baureno).

Agenda Ikamaro dibawah nahkoda kak Cholil ini tidak banyak terekam.

KEPENGURUSAN M. Dwi Cahyono (2003-2005)

Karena Ikamaro pada tahun sebelumya ‘fakum’. Maka hal ini menyebabkan mahasiswa baru asal Bojonegoro yang ada di Ma’had merasa tidak ada sambutan seperti mahasiswa asal daerah lain yang sering dipanggil di Indaroh (kantor red) untuk kumpul & ta’aruf oleh organisasi daerahnya.

Maka beberapa maba membentuk team kecil yg kemudian berinisiatif membentuk perkumpulan sendiri dengan mendata kemudian mengumpulkan maba asal Bojonegoro yang masih di Ma’had. Wal hasil berita ini didengar oleh kakak tingkat yang berasal dari Bojonegoro, dan mendukung niatan mahasiswa baru tersebut, sekaligus menceritakan bahwa sebenarnya telah ada perkumpulannya namun fakum.

Akhirnya dilaksanakan pemilihan pengurus secara sederhana. Dan terpilihlah sdr. M.Dwi Cahyono (Gedongarum-Kanor) sebagai nahkoda kedua Ikamaro saat itu. Periode kedua ini merupakan perintisan kembali pilar-pilar Ikatan Mahasiswa Bojonegoro yang sedang studi di Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS)*nama pd waktu itu. Ini merupakan rekontruksi berat yang membutuhkan curahan tenaga, waktu dan pikiran bagi pengurus. Administrasi dan segala hal yang tiada jelas inventarisasinya sebagai penghambat serius.

Pengurus mengambil point central dalam seluruh kegiatannya bertujuan demi kesatuan, kebersamaan sesama anggota, karena kesatuan dalam tubuh dan rasa memiliki antar sesama adalah kunci dalam membangun pilar kekokohan dan kemajuan organisasi ini. Salah satu kegiatan untuk mewujudkan kebersamaan itu dilaksanakannya ta’aruf maba th.2003 di Balaikambang, Kemping di Pandermen. Disamping itu melakukan baktisosial kepada orang fakir dan miskin (pemulung;jl.sunan kalijogo) sebagai tanggungjawab organisasi terhadap lingkungan sosial. Melakukan Muhibbah ke sekolah di Bojonegoro. Alhamdulillah sambutan dari mahasiswa baru maupun lama sangat luarbiasa.

Pendataan dan pencatatan seluruh dosen dan mahasiswa dari Bojonegoro mulai dilakukan sebagai analisis swoot kekuatan organisasi. Disusun pula aturan-aturan organisai dari buku besar, keuangan, surat-menyurat, dan lain sebagainya.

Kepengurusan kedua ini kemudian melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan kepada sdr.Ahmad Ridwan sebagai Nahkoda ke tiga dalam musyawarah tahunan pertama.

PENGURUS IKAMARO

IKATAN MAHASISWA BOJONEGORO

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG

2003-2005

Pembina : Dra. Mufidah Ch., M.Ag

Ketua : M Dwi Cahyono (PGMI )

Wakil ketua : Siti Khodijah (PSIKOLOGI)

Sekretaris : Sylvia Chuvita F (BIOLOGI)

Bendahara : Fahrina H (BIOLOGI)

DIVISI-DIVISI :

  1. HUMAS DAN PENGABDIAN MASYARAKAT.

Siti Arifah (Co) ( PAI)

Ulif (SYARIAH)

M Abdul Rofiq Roziqi (PAI)

Eni Indrawati ( PSIKOLOGI)

Ulvia Rahmawati (PAI)

Tsalis (PSIKOLOGI)

  1. KEANGGOTAAN DAN KEAGAMAAN.

Wiwin Yutmiatin (Co) ( MTK)

Abu na’im (B.INGGRIS)

Ismail hamid (IPS)

Fitrianti (PAI)

Nenik (PAI)


KEPENGURUSAN Ahmad Ridwan (2005-2006)

Kepengurusan Ikamaro pada periode ini memandang sangat perlunya sebuah tempat untuk sharing dan berbagai kegiatan bersama (baca; komisariat red) maka akhirnya berdirilah komisariat Ikamaro yang pertamakalinya tepatnya, di kampung Joyosuko.

Periode ini mengadakan gebrakan baksos dengan sasaran warga Bojonegoro. Alhamdulillah Baksos ini disambut dengan gembira yang luar biasa oleh warga desa Kalangan-Ngraho. Selain kegiatan eksternal tersebut. Tidak kalah juga, gebrakan kegiatan di internal anggota sangat gencar. Halal bihalal dilaksanakan di Bojonegoro, bersilaturrahim ke rumah dosen.

PENGURUS IKAMARO

IKATAN MAHASISWA BOJONEGORO

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG

2005-2006

Pembina : Dra. Mufidah Ch., M.Ag

Ketua : M. Arif Ridwan (Pendikan Islam/IV)

Wakil Ketua : Moh. Fakhrur Rozi (Manajemen/IV)

Sekretaris : Nur Kholifah. (Kimia/IV)

Wakil Sekretaris : Alfina Hidayati (Bhs. Inggris/IV)

Bendahara : Alifia Rahmawati (Bhs. Inggris/IV)

Wakil Bendahara : Anis Trisnawati ( D2/II)

Devisi-devisi

Devisi Humas dan Pengabdian Masyarakat

Rohmat Amin (Co.) (Pendikan Islam/IV)

Anita Trisnawati (Biologi/IV)

Afifur Rahman (PA/II)

Abidah A.S. (Manajemen/II)

Emy Henifa (Bhs. Arab/II)

Devisi Keanggotaan dan Agama

Lilik Mustafidah (Co.) (Pendikan Islam/IV)

Nur Ila Ifawati (Bhs. Arab/IV)

Utomo (Psikologi/II)

Affan Abdur Rahman (Informatika/II)

Nuril Hamidah (Bhs. Arab/II)

KEPENGURUSAN Hermanto (2006-2007)
KEPENGURUSAN Iil………….. (2007-Sekarang)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..

Kesalahan Mendasar dalam Keluarga

Artikel ini saya peroleh pertama kali dari group WA Kes - Nas Malang 2 dari anggota bernama dr wachidah. Artikel yang sangat bagus untuk ki...