Unsur Instrinsik & Teks Fiksi - Nonfiksi



PERBEDAAN FIKSI DAN NONFIKSI

Fiksi adalah jenis tulisan yang hanya berdasarkan imajinasi, rekaan penulis. 
Contoh karya fiksi adalah cerita pendek (cerpen), novel, sinetron, telenovela, drama, film drama, film komedi, film horor, dan film laga. 

Nonfiksi adalah tulisan-tulisan yang isinya bukan fiktif, bersifat faktual (fakta/nyata). 
Contoh karya nonfiksi adalah artikel, opini, resensi buku, karangan ilmiah, skripsi, tesis, tulisan yang berisi pengalaman pribadi si penulisnya (seperti diary, chicken soup for the soul, laporan perjalanan wisata), berita di koran/majalah/tabloid, film dokumenter, dan masih banyak lagi.



UNSUR INSTRINSIK KARYA SASTRA

Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya itu sendiri. Unsur–unsur intrinsik mencakup:
  1. Tema adalah ide pokok sebuah cerita.
  2. Latar(setting) adalah tempat, waktu , suasana yang terdapat dalam cerita. Sebuah cerita harus jelas di mana berlangsungnya, kapan terjadi dan suasana serta keadaan ketika cerita berlangsung.
  3. Alur (plot) adalah susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita. Alur dibagi menjadi 3 yaitu:  a. Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya bergerak ke depan terus.  b. Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang urutan waktu kejadian bergerak mundur (flashback). c. Alur campuran adalah campuran antara alur maju & alur mundur. 
  4. Alur meliputi beberapa tahap:  a. Pengantar: awal cerita.  b. Penampilan masalah: bagian yang menceritakan masalah yang dihadapi pelaku cerita. c. Puncak ketegangan / klimaks : masalah dalam cerita sudah sangat gawat, konflik telah memuncak.  d. Ketegangan menurun / antiklimaks : masalah telah berangsur–angsur dapat diatasi dan ekhawatiran mulai hilang. e. Penyelesaian / resolusi : masalah telah dapat diselesaikan.
  5. Perwatakan adalah penggambaran watak karakter seseorang tokoh yang dapat dilihat dari tiga segi yaitu melalui: - Dialog tokoh , - Penjelasan tokoh dan,  Penggambaran fisik tokoh 
  6. Tokoh adalah orang-orang yang diceritakan dalam cerita dan banyak mengambil peran dalam cerita. Tokoh dibagi menjadi 3, yaitu: - Tokoh Protagonis : tokoh utama pada cerita/berperan baik  - Tokoh Antagonis : tokoh penentang atau lawan dari tokoh utama/berperan buruk - Tokoh Tritagonis : penengah dari tokoh utama dan tokoh lawan 
  7. Nilai (amanat) adalah pesan atau nasihat yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita
MATERI DALAM BENTUK POWER POIN ---- KLIK DI SINI

2 comments:

Terima kasih...semoga Anda bahagia..