Pesta Siaga Pramuka MIN 1 Kota Malang

Kota Malang (MIN 1) - Siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan masa perjuangan Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia meyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetome pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia. Kegiatan Pramuka Siaga banyak ragamnya dan banyak mengandung nilai pendidikan. Salah satu kegiatan yang diadakan dalam tingkatan pramuka siaga ini adalah pesta siaga.


Dalam rangka meningkatkan kreativitas, keterampilan dan kemandirian peserta didik, Gudep 01007-01008 Pangkalan MIN 1 Kota Malang, Minggu 11 November mengadakan Pesta Siaga bertempat di Lembah Dieng. Diikuti oleh 280 peserta didik kelas IV  dan Pembina 20 orang.  Pesta Siaga dikemas dalam bentuk perlombaan yang wajib diikuti oleh setiap barung.

Diawali dengan Upacara pembukaan yang dipimpin oleh Bapak Drs. Suyanto selaku Ka. Mabigus didampingi Ibu Dra. Didin selaku Waka Kesiswaan dan beberapa Kakak Pembina. Dilanjutkan dengan Senam sebagai penyemangat kegiatan Pesta Siaga dan permainan Dinamika Kelompok. Selanjutnya perindukan dibagi menjadi 5 kelompok besar dan menuju POS yang telah disiapkan. Ada 5 POS yang harus ditempuh: 1. Kecakapan menyanyikan salah satu lagu wajib Nasional, 2. Keterampilan KIM (Kemampuan Indra Manusia) bumbu-bumbu dapur, 3. Keterampilan Menyusun Dwi Satya dan Dwi Darma, 4. Keterampilan dalam PBB, Pos ke-5 adalah  Halang Rintang. Setelah melewati lima POS dan berhasil mendapatkan point, tiap barung melanjutkan perjalan terakhir menuju lautan biru (kolam besar) untuk dilantik sebagai Siaga Mula dan berhak mendapatkan TKK sesuai keterampilan yang ditempuh. Kegiatan Pesta Siaga ditutup dengan solat Dhuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan upacara penutupan serta pembagian hadian untuk para pemenang perlombaan.

Semoga dengan dilaksanakannya Pesta Siaga ini, akan memberi banyak pengalaman,  hiburan, berbagai kecakapan, keterampilan, kepekaan social dan meningkatkan kedisiplinan yang dapat diterapkan dalam keseharian. (TP)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..