Siswa MIN 1 Kota Malang Juara 3 Lomba Menulis Cerpen Nasional

Kota Malang (MIN 1) – Prestasi tingkat nasional yang ditorehkan siswa MIN 1 kali ini di bidang literasi. Tepatnya dalam ajang Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud M. Zaidan Al-Ghozi Fillah (kelas 4b) berhasil menjadi juara 3.

Pembimbing Zaidan, Mujani, M.Pd. menya mpaikan, proses seleksi dilaksanakan independen oleh peserta dengan mengirimkan naskah secara online pada bulan Juni. Ada 2650 naskah dari seluruh Indonesia yang masuk ke panitia, kemudian dipilih 160 peserta terbaik diundang ke Jakarta mengikuti babak selanjutnya. Dari MIN 1 Kota Malang terpilih 2 siswa, selain Zaidan berangkat pula Ananda Recha (6A).

Terdapat lima jenis lomba yang diselenggarakan pada tanggal 28-30 Oktober itu,



yaitu menulis cerpen, membaca puisi, mencipta pantun, mencipta syair serta mendongeng. Zaidan dan Recha dari MIN 1 mengikuti cabang lomba yang sama, yaitu menulis cerpen.

Lebih lanjut Mujani, M.Pd. menyampaikan, tantangan yang dihadapi peserta yaitu tema cerpen ditentukan pada saat lomba. Sehingga peserta memang benar-benar diuji kemampuan menulis, daya imajinasi, dan perbendaharaan kata yang dimilikinya. Tema yang disampaikan panitia saat itu adalah “Permainan Tradisional” atau “Makanan Tradisional”.

“Prestasi ini sangat membanggakan karena MIN 1 merupakan satu satunya peserta dari madrasah, yang lain dari Sekolah Dasar.” Ujarnya saat diwawancarai, Kamis (01/10/2018).

Harapannya ke depan madrasah lebih inten membaca peluang berbagai ajang lomba yang ada. Dengan menangkap peluang tersebut diharapkan potensi siswa yang begitu banyak dapat diapresiasikan pada ajang tersebut.

Sementara itu ketika diwawancarai di kelasnya, Zaidan yang memiliki hoby membaca dan menulis ini menyampaikan sangat bahagia karena mendapat juara 3 tingkat nasional. Lebih lanjut ketika ditanya tentang cita-citanya ia menuturkan “Saya ingin menjadi hafidz (penghafal al-quran) dan penulis.” (DwiCy)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..