Kokurikuler Kelas 4

Senin, 22 Sept 2025
1. 07.00-07.35 Penjelasan “Pentingnya Air Bersih”
2. 07.35-08.10 Penjelasan Siklus Air
3. 08.10-08.45 Penjelasan Siklus Air
   - PPT siklus air  
4. 08.45-09.05 Istirahat 1
5. 09.05-09.35 Diskusi Konservasi Air
6. 09.35-10.05 Pengerjaan LKPD kelompok
   - Link LKPD dan kunci jawaban . 
7. 10.05-10.35 Pembuatan poster
8. 10.35-10.55 Istirahat 2
9. 10.55-11.25 BQ
10. ⁠11.25-11.55 BQ
11. ⁠11.55-12.25 Pembuatan poster
12. ⁠12.25-13.00 Shalat Dhuhur
13. ⁠13.00-13.30 Presentasi
14. ⁠13.30-14.00 Presentasi

Selasa, 23 Sept 2025

1-2.⁠ ⁠07.00-08.10 Penjelasan “Pentingnya Air dan Konservasi Air”
•⁠  ⁠⁠Video konservasi air:  
  
 3.⁠ ⁠08.10-08.45 Praktik membuka dan menutup keran air (berkemlompok)
   - Kegiatan berkelompok:
   - 1 anak bertugas sebagai kran (membawa air mentah dalam botol, seakan-akan menjadi kran air)
   - 1 anak bertugas untuk cuci tangan dengan baik dan benar
   - 1 anak bertugas melihat timer (waktu 1 menit), mengamati teman yang sedang mencuci tangan sesuai dengan langkah-langkah yang tersedia pada LKPD dan mencatat waktu yang dihasilkan
   - 2 / 3 anak yang tersisa pada kelompok tersebut bertugas untuk mengamati kelompok lain (disebar di beberapa kelompok dan bertugas untuk mencatat kegiatan mencuci tangan di kelompok lain)

08.45-09.05 Istirahat 1

 4.⁠ ⁠09.05-09.35 Mengukur penggunaan air (saat cuci tangan dengan waktu 1 menit)
   - Penjelasan cara menghitung debit air menggunakan rumus
 5.⁠ ⁠09.35-10.05 BQ
 6.⁠ ⁠10.05-10.35 BQ
10.35-10.55 Istirahat 2
 7.⁠ ⁠10.55-11.25 Melanjutkan mengukur penggunaan air (saat cuci tangan dengan waktu 1 menit)
   - Praktik menghitung debit air
   - Link LKPD:  
8.⁠ ⁠⁠11.25-11.55 Mengolah data dan membuat grafik
 - Menulis data hasil debit air dari semua kelompok
 - Penjelasan Bapak, Ibu guru cara membuat grafik
11.⁠ ⁠⁠11.55-12.25 Mengolah data dan membuat grafik
  - Membuat grafik secara berkelompok
  - Link LKPD
12.25-13.00 Shalat Dhuhur
10.⁠ ⁠⁠13.00-13.30 Presentasi
11.⁠ ⁠⁠13.30-14.00 Presentasi

Rabu, 24 Sept 2025

1-2.⁠ ⁠07.00-08.10 Pengenalan jenis-jenis sampah & dampaknya
- Kunci jawaban LKPD:.  
- ⁠Berdiskusi tentang LKPD dan LKPD dinilai (skor 0-100)
  
3.⁠ ⁠08.10-08.45 Demonstrasi dan praktik pemilahan sampah
   - Kunci jawaban LKPD: . 
   - Berdiskusi tentang LKPD dan LKPD dinilai (skor 0-100)

08.45-09.05 Istirahat 1

4.⁠ ⁠09.05-09.35 Kampanye pengolahan pemilahan sampah
   - Praktek di kelas tentang kampanye pengolahan pemilahan sampah

5.⁠ ⁠09.35-10.05 Observasi lingkungan sekolah

6.⁠ ⁠10.05-10.35 Praktik observasi lingkungan madrasah (keluar kelas)
  - Siswa keluar kelas dan melakukan observasi lingkungan madrasah
  - Berdiskusi hasil observasi lingkungan
  - Setiap kelompok presentasi secara singkat tentang hasil observasi lingkungan madrasah

10.35-10.55 Istirahat 2

7.⁠ ⁠10.55-11.25 Pengenalan & praktik daur ulang sederhana (kerajinan dari sampah anorganik)
   - Dilanjutkan video tutorial setiap kelompok (jumlah video per kelas ada 5 kelompok) Mohon bantuan untuk benar-benar mendampingi ananda, karena ada yang membawa gunting, lem tembak, dll)

8.⁠ ⁠⁠11.25-11.55 Praktik daur ulang
9.⁠ ⁠⁠11.55-12.25 Praktik daur ulang
12.25-13.00 Shalat Dhuhur
10.⁠ ⁠⁠13.00-13.30 Presentasi
11.⁠ ⁠⁠13.30-14.00 Presentasi

Praktik Daur Ulang Sampah
Kelas 4B
Kreasi botol bekas
1. Pot

Kamis, 25 Sept 2025

RUNDOWN KOKURIKULER HARI KAMIS

1-2.⁠ ⁠07.00-08.10 BQ
  
3.⁠ ⁠08.10-08.45 Penjelasan “Pentingnya menjaga Kebersihan Lingkungan”

08.45-09.05 Istirahat 1

4.⁠ ⁠09.05-09.35 Penjelasan “Pentingnya menjaga Kebersihan Lingkungan”

5.⁠ ⁠09.35-10.05 tata cara penanganan sampah pada sektor aksi kebersihan

6.⁠ ⁠10.05-10.35 briefing dan penyampaian teknis aksi lingkungan
  - Guru membagi sektor-sektor untuk setiap kelompok
  - Aksi bersih-bersih lingkungan (area yang dibersihkan adl masing2 ruang kelas dan teras kelas) 

10.35-10.55 Istirahat 2

7.⁠ ⁠10.55-11.25 Mengisi laporan aksi lingkungan
 - Kunci jawaban LKPD : .
  - Penilaian LKPD : lembar 1-3 di paraf; lembar 4 dinilai (masing-masing skor no 1-5 adl 2, skor no 6-7 adl 5. Jadi total skor adl 20. Nilai 20 x 5 = 100) 

8.⁠ ⁠⁠11.25-11.55 Pembahasan laporan aksi lingkungan

9.⁠ ⁠⁠11.55-12.25 Unjuk kegiatan dan evaluasi
  - Pembuatan Kliping (cover sudah di siapkan dan setiap kelompok mendapatkan 10 lembar kertas HVS dengan warna yang berbeda

12.25-13.00 Shalat Dhuhur

10.⁠ ⁠⁠13.00-13.30 Melanjutkan pembuatan kliping
   - Kliping bisa diselesaikan di rumah, dikumpulkan pada hari Kamis minggu depan 

11.⁠ ⁠⁠13.30-14.00 Evaluasi dan refleksi
   - Guru menyampaikan evaluasi dan kesimpulan selama kegiatan kokurikuler




Peserta: Kelas 4A-4I
Peserta: Kelas 4A-4I dan semua Bapak, Ibu Guru Kelas 4







No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..