16 November 2008

AKUPUN BISA BUAT KENTONGAN

Bojonegoro,

Ramadhan lalu waktu ku berada di dalam rumah Bojonegoro, ada beberapa anak yang meminta kayu bambu. Ketika ditanya untuk apa? Mereka menjawab “Untuk membuat kentongan buat patrol nanti malam”. Memang hari itu hari sya’ban terakhir. Jadi malam nanti sudah shalat tarawih. Kebiasaan di daerah membangunkan orang untuk makan sahur itu sudah menjadi tradisi bertahun-tahun.

Maka mereka diizinkan oleh ibu untuk memilih sendiri bambu yang ada di samping rumah. Usia mereka kira-kira 10-11 tahun. “Mbak nyambut graji kalih bendo” ucap mereka. “Yo.. pundut dewe ya… no pinggir lawang” jawab ibu. Aku pun melihat tertarik melihat mereka… Eh… ternyata mereka lihai betul membuat kentongan itu… dengan saling membantu mereka membuat 4 buah kentongan. Sementara yang tidak membuat bagian ‘icik-icik’ dan penabuh drum (dari gallon air).

Pelajaran dari sini, disitu ada kemauan pasti ada jalan. Tidak pandang usia karena mereka yakin dan dengan semangat yang luarrbiasa, akhirnya jadilah grup patrol mereka. Selamat berpatrol….

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..

Kesalahan Mendasar dalam Keluarga

Artikel ini saya peroleh pertama kali dari group WA Kes - Nas Malang 2 dari anggota bernama dr wachidah. Artikel yang sangat bagus untuk ki...