06 January 2010

Tak Selamanya Libur Menyenangkan




Siapa yang tak suka dengan “Libur”, mulai dari siswa TK sudah mengenal kata ‘Libur’, anak SD akan sorak sorai jika guru mereka mengumumkan libur, pelajar SMP, SMA pun demikian, hingga mahasiswa juga menununggu kata “Libur”, sampai juga pada lingkungan kerja kantoran kata “Libur” sangat dinantikan untuk rehat dari segudang aktifitas kantor yang cukup melelahkan.
Desember lalu semuanya suka dengan hari ‘Jum’at’, kita flashback tanggal 18 tepatnya hari Jum’at tanggal bercetak dengan tinta merah karena merupakan tahun baru Islam 1431 H. disusul dengan Jum’at berikutnya tanggal 25 tinta merah jelas tercetak pada angka itu, disusul lagi Jum’at berikutnya tanggal 1 Januari yang tentunya tahun baru 2010 M. Semuanya jatuh pada hari Jum’at yang mana tidak sedikit lembaga yang juga meliburkan “Harpitnas” Hari Kecepit Nasional yaitu hari Sabtu. Hemm…benar Desember 2009 penuh dengan serangan libur…libur..libur….
Bila kita tidak pandai pandai memanage hari libur maka kita akan terjerembab dalam kata yang menyenangkan itu. Lalu… apa yang hendak saya ceritakan di sini.??  Tentu, liburan saya.. he.he.. (nascis) Liburan kali ini buatku tak semuanya menyenangkan….. Penasaran ya..? (ye..Ge eR)
Pertama, Liburan Tahun Baru Islam…

Hari itu sebenarnya kepingin betul tuk pulang ke rumah kelahiran, sebab Minggu lalu meskipun telah menyambut kedatangan Bapak & Mbah dari tanah suci, namun waktu itu tidak sempat lama berjua dan berjibaku dengan Bapak… ini disebabkan karena 6 jam pasca kedatangan Bapak, ku harus berangkat ke Malang tuk mengikuti diklat “Literasi IT bagi Guru SD se Indonesia”. Enam jam itu ku tidak berjibaku dengan Bapak karena disamping beliua harus menemui puluhan tamu yang terus berdatangan (tradisi jika orang pulang haji) ku juga harus membuat video perjalanan haji Bapak & Mbah dari foto yang bapak jepret sendiri di tanah suci. Lo….lo… kok jadi cerita tentang haji terus…. STOP!! Jadi intinya liburan ini kuhabiskan di Malang saja…
Kedua, Liburan Natal…
Jum’at, Sabtu, Minggu…. Wah.. bayangin 3 hari libur… enak kan…..???? Jum’at niat kembang kempis antara pulang-tidak-pulang-tidak……. Jum’at pagi berlalu di kos. Selesai Jum’at baru berangkat dengan ‘nunut’ (numpang) Vario Ucil yang juga pulang ke Sidoarjo, namun ku yang nyetir di depan. Perjalanan pulang dihadang oleh lebatnya hujan yang mengguyur..  Sepatu pun ku copot dan kuletakkan pada ‘jok’ Vario merah itu. Perjalanan Singosari hingga Pasuruan memakai jas hujan warna coklat muda dengan tanpa sandal ataupun sepatu ……… ……… ………… …….. Hingga akhirnya sampailah di Bungurasih----Bojonegoro----Di rumah aktifitas tak ada yang berbeda dengan hari-hari biasanya, Bapak ke sawah, mbak yang tahu ku pulang ikut menyambutku dengan datang ke rumah. Adik mengajar…….. ….. …….. ……. …….. ……. Hemm…liburan yang biasa, tidak dapat sesuatu yang mengesankan. Hingga Minggu siang habis dhuhur ku kembali ke Malang. Nah…yang terkesan ni… ku berbuka puasa Asyura’ di bus.. dan ampek Arjosari naik taxi ke kos. (lain kali kuceritakan).
Ketika, Liburan Tahun Baru Masehi….
Ni malah libur 4 hari.. Jum’at, Sabtu, Minggu, Senin yang hanya upacara HAB Depag di UIN nanti…….Nah, ini cem-macem ceritanya… Malem tahun baru temen-temen yang pada keluar bakar-bakar rumah… to6w;q/5perw (ma’af ni tadi coretan ucil yang ngegangguku dia lagi main game pas di depanku) eh… bukan bakar rumah, tapi bakar-bakaran.. .. he.he… bakar ikan. Ku keluar ma murid lama yang beberapa hari cur’hat. Sore hari bersama Gus Mansur, Ucil, Wira, nonton “Sang Pemimpi” di Dieng 21.. dilanjutkan dengan makan ikan patin ‘n ikan (gak tau namanya) di “Ikan segar galunggung”. Abis itu menghabiskan waktu di kos. Tadi pagi jalan-jalan ke Pasar Minggu cari sarapan ma Ucil. Wah…. Hari-hari yang aneh. Andaikan….sudah ada sang belahan jiwa…. Ke mana Dikau…???? Hingga saat ini ku menulis ini di kamarnya andik lantai 2 kos “Jojoba”.
Hahh……… banyak ya…cerita yang membosankan…dari tulisan di atas. Begitulah…tak selamanya liburan itu menyenangkan. Jadi enaknya libur itu yang pas, artinya kita memanage aktifitas diliburan pendek atau panjang itu yang pas…. He.he.he…………… (bingung kan?)…. Ya dah ni dah jam 4 sore. Bey……….bey…. mandi dulu.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..

Kesalahan Mendasar dalam Keluarga

Artikel ini saya peroleh pertama kali dari group WA Kes - Nas Malang 2 dari anggota bernama dr wachidah. Artikel yang sangat bagus untuk ki...