LANCAR: Visitasi Akreditasi MIN 1 Kota Malang



Kota Malang (MIN 1) – Sebagai lembaga pendidikan dikatakan bermutu ketika mendapatkan pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang. Salah satu pengakuan dan hasil penilaian tersebut dinamakan akreditasi. MIN 1 Kota Malang sebagai lembaga pendidikan melaksanakan visitasi akreditasi pada Rabu (15/8).

Visitasi yang dimulai pukul 08.30 itu dilakukan oleh dua asesor yaitu Afifun Nidlom dan Sugito dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN S/M) Provinsi. Turun dari mobil di lobi mereka disambut oleh beberapa guru dengan sambutan ‘salam satu hati’. Salam khas yang digagas kepala madrasah ini telah membudaya di lingkungan MIN 1.

Dimulai dengan ceremonial di ruang aula para asesor menyampaikan bahwa tugasnya bukanlah seperti polisi, “Kami datang bukan sebagai polisi, tetapi sebagai tenaga yang dikirim oleh BAN S/M Provinsi untuk menfalidasi Sispena yang telah diisi madrasah dengan bukti fisik yang ada” kata Sugito dalam sambutannya. Sementara itu Afifun Nidlom menyampaikan, “Akreditasi itu ibarat ujian skirpsi, kalau kami jadi pengujinya tidak mungkin kami mengatakan skripsi itu sempurna, begitu pula akreditasi yang akan kita laksanakan ini, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah”.

Usai ceremonial secara terpisah asesor mengunjungi lingkungan dan fasilitas yang ada di MIN 1. Sesekali asesor mewawancari guru, pegawai, dan siswa yang dijumpainya saat visitasi tentang visi misi madrasah. Kunjungan ke lingkungan dan fasilitas ini dilakukan menyeluruh mulai dari lantai satu hingga lantai tiga dan memakan waktu tidak kurang dari satu jam.

Visitasi dokumen delapan standar pendidikan dilakukan di aula MIN 1. Ketua pokja dan anggotanya yang telah dibentuk madrasah menunjukkan dokumen yang diminta para asesor. Alhamdulilah visitasi dokumen berjalan dengan baik dan lancar. Akreditasi tahun ini pengurus komite madrasah secara bergantian menemani madrasah dalam pelaksanaan visitasi mulai pembukaan hingga selesai. Mudah-mudahan MIN 1 Kota Malang lebih maju lagi.  (DwiCy)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..