Tebar Hewan Kurban: MIN 1 Kota Malang Teladani Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail



Kota Malang (MIN 1) – Momentum Dzulhijah dijadikan pembelajaran bermakna oleh MIN 1 Kota Malang. Melalui kegiatan “Tebar Hewan Kurban” yang dilaksanakan pada Kamis (23/8) siswa dilatih kepekaan sosial terhadap sesamanya. Tebar Hewan Kurban ini salah satu bagian dari rangkaian kegiatan kepanitiaan Gema Dzulhijah.

Kurban adalah syariat yang ditetapkan Allah untuk semua umat, bahkan sejak masa Nabi Adam sudah ada syariat kurban. Kisah nabi Ibrahim dan putranya Ismail berkenaan dengan syariat kurban juga merupakan landasan untuk melaksanakan kurban. Dalam rangka menyiapkan generasi muda yang memahami nilai-nilai keagamaan itulah maka diadakan kegiatan tebar hewan kurban.

Tebar Hewan Kurban dilakukan oleh kelas satu, dua, dan tiga ini bertempat di tiga lokasi yang berbeda. Pertama siswa kelas 1 melakukan tebar hewan kurban di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatus Sibyan Kecamatan Kedungkandang. Kedua, siswa kelas 2 menyalurkan hewan kurban di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Lowokwaru. Ketiga, siswa kelas 3 melakukan tebar hewan kurban di Madrasah Ibtidaiyah NU Jabal Tsur Kecamatan Tajinan.

Tiap kelas pada masing-masing lokasi tebar hewan kurban, MIN 1 Kota Malang menyalurkan seekor sapi dan lima ekor kambing. Sementara itu kegiatan pembelajaran kurban untuk kelas empat, lima, dan enam berada di lingkungan MIN 1 penyembelihannya akan dilakukan pada Sabtu (25/8) nanti. Hewan kurban tersebut berasal dari siswa-siswi, guru karyawan MIN 1 Kota Malang. (DwiCY)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih...semoga Anda bahagia..